Hati-Hati, 15 Titik Ini Jadi Tempat Nongkrong PMKS di Kota Bandung

PMKS Bandung banyak dari kalangan usia produktif

Bandung, IDN Times - Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung mendata, ada 15 titik di Kota Bandung yang dijadikan tempat bernaungnya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kota Bandung.

"15 titik rawan PMKS beberapanya ada di Pasteur, Pasirkoja, Gatot Subroto (Gatsu), Laswi dan kemudian Leuwi Panjang," ujar Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Dinsosnangkis Kota Bandung, Yogaswara saat ditemui di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (4/2).

Baca Juga: Inilah Kekuatan Sunda Empire Sebelum Hancur di Tangan Polda Jabar

1. PMKS di Kota Bandung didominasi usia produktif

Hati-Hati, 15 Titik Ini Jadi Tempat Nongkrong PMKS di Kota BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Yoga mengatakan, saat ini PMKS Kota Bandung masi didominasi oleh Gelandangan, Pengamen dan pengemis dari dalam kota dan luar Kota Bandung. Rata-rata PMKS juga masih berusia produktif.

"PMKS di Kota Bandung juga masih usia produktit 15 sampai 30 tahun," ungkapnya.

Baca Juga: Kekaisaran Sunda Empire Runtuh di Tangan Polda Jabar

2. Pemkot Bandung tangani 2.800 PMKS pada 2019

Hati-Hati, 15 Titik Ini Jadi Tempat Nongkrong PMKS di Kota BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Untuk diketahui sebelumnya, Yoga menyebut Pemkot Bandung telah menangani sebanyak 2.800 PMKS di 2019. Dari sekian banyak PMKS tersebut, kebanyakan didominasi oleh pengamen jalanan.

"PMKS rata-rata didominasi pengamen jalanan, gelandangan, pengemis dan lansia terlantar rawan, mereka saat ini masih tersebar di benerapa titik di Kota Bandung," kata Yoga.

Baca Juga: Wabah Virus Corona, Pemkot Belum Larang Wisatawan Tiongkok ke Bandung

3.Tangani PMKS, Pemkot Bandung gandeng instansi penegak hukum

Hati-Hati, 15 Titik Ini Jadi Tempat Nongkrong PMKS di Kota Bandung(Ilustrasi Polisi) Dokumen Humas Polri

Saat ini Pemkot Bandung dalam melakukan penanganan PMKS sudah melibatkan instansi-instansi terkait lainnya di Kota Bandung, mulai dari TNI, Polisi hingga Satpol PP turut diikutsertakan dalam penanganan.

"Dalam penanganan PMKS kita sudah bekerjasama dengan instansi penegak hukum lainnya, kita melibatkan TNI dan unsur Polisi," ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siap Jadi Pilot Project Kartu Pra Kerja Jokowi

4. PMKS di Bandung tidak semuanya warga Kota Bandung

Hati-Hati, 15 Titik Ini Jadi Tempat Nongkrong PMKS di Kota BandungFoto hanya ilustrasi. (Pexels.com/Porapak Apichodilok)

Yoga menambahkan, 2.800 PMKS di Kota Bandung, tidak semuanya warga bandung, ada beberapa luar Kota Bandung seperti dari Tasikmalaya dan beberapa daerah lainnya, sehingga untuk PMKS yang tidak asli warga bandung, Dinsosnangkis menyerahkan ke pemerintah terkait.

"Semua yang ditangani tidak asli warga Kota Bandung, sehingga kami lakukan kordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penanganan," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya