Hari Ini, 5.200 Nakes Kota Bandung Disuntik Vaksin Sinovac

Ada 25.000 orang akan disuntik vaksin tahap I Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Ikhtiar baru Pemerintah Indonesia dalam melawan pandemik COVID-19 dimulai sejak Rabu(13/1/2021). Di Kota Bandung, ikhtiar baru dengan menjalankan program vaksinasi COVID-19 tahap pertama diberikan kepada sejumlah pejabat, artis, influencer, dan 5.200 tenaga kesehatan (nakes) pada Kamis(14/1/2021).

"Hari ini dari 129 fasilitas kesehatan (Faskes) ada 5.200 menjalani vaksinasi dan hari ini tahap satu SDM kesehatan, sedangkan total yang sudah terdaftar ada 25.000. Ini akan dilakukan dari 14 Januari 2021 hingga pertengahan bulan April 2021," ujar Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara di RSKIA, Jalan Raya Kopo, Kamis (14/1/2021).

1. 10 pejabat dan influencer masuk penerima vaksin pertama di Kota Bandung

Hari Ini, 5.200 Nakes Kota Bandung Disuntik Vaksin Sinovac(Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna usai disuntik vaksin) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ahyani menyebutkan, untuk vaksinasi COVID-19 yang dilakukan terhadap pejabat publik, artis, influencer terdiri pada 10 orang. Adapun kebijakan itu sudah berdasarkan aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Efek setelah disuntik sangat ringan, hanya di lokal saja, bila ada yang agak berat, lemes, pusing, itu 1 per 100.000 atau berapa, jadi memang efek sampingnya tidak berat," ungkapnya.

2. Vaksinasi COVID-19 dilakukan dua kali

Hari Ini, 5.200 Nakes Kota Bandung Disuntik Vaksin Sinovac(Ariel Noah saat suntik vaksin) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia menyebut, vaksinasi dilakukan selama dua kali dan hasilnya akan terus dilaporkan oleh tim khusus. Kemudian, soal jadwal penyuntikan ke dua pun akan dilakukan pada pertengahan April 2021.

"Kriterianya yang mendapatkan vaksin. Satu belum pernah terpapar COVID-19, hamil, menuyusui, penyakit-penyakit komorbid tertentu yang tidak terkontrol," jelasnya.

3. Dinkes Bandung minta warga tidak menolak vaksinasi

Hari Ini, 5.200 Nakes Kota Bandung Disuntik Vaksin SinovacIDN Times/Azzis Zulkhairil

Ahyani meminta masyarakat agar tenang dan menunggu semua tahapan vaksinasi yang sudah direncanakan oleh pemerintah pusat. Ia juga mengaku belum mengetahui secara pasti setelah tahap I ini nantinya akan seperti apa.

"Tunggu saja bagaimana arahannya. Apakah itu akan disebarkan ke kita, atau yang lainnya. Kalau Sinovac yang masuk yah standarnya disesuaikan," katanya.

4. Penyitas COVID, Wali Kota Bandung dan wakilnya tidak disuntik vaksin

Hari Ini, 5.200 Nakes Kota Bandung Disuntik Vaksin SinovacIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Ahyani mengatakan bahwa Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Yana Mulyana dinyatakan tidak dapat disuntikan vaksin lantaran statusnya sebagai penyintas.

"Seluruh pejabat di Kota Bandung serta tenaga kesehatan akan mendapatkan penyuntikan vaksin. Kecuali Wali Kota dan pak Wakil Wali Kota Bandung," kata dia.

Baca Juga: Disuntik Vaksin COVID-19, Ariel Noah Tidak Merasakan Efek Samping

Baca Juga: Didampingi Kang Emil, 10 Potret Ariel NOAH Disuntik Vaksin COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya