Dukungan Buruh pada Ganjar Pranowo di Jawa Barat Mulai Menguat!

Banyak buruh Jabar yang kini mendukung Ganjar Pranowo

Bandung, IDN Times - Dukungan kelompok buruh pada Ganjar Pranowo di Jawa Barat mulai menguat. Baru-baru ini Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) turut menetapkan struktur pemenangan 15 perusahaan berbasis Serikat Pekerja Nasional (SPN) di Kantor DPC SPN, Majalaya, Kabupaten Bandung.

Ketua Umum Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) Lukman Hakim mengatakan, dukungan buruh pada Ganjar Pranowo di Pemilu 2024 semakin mantap. Para buruh diklaim akan membantu semaksimal mungkin pada kader PDIP itu.

"GBB sudah bersiap-siap sejak sepuluh bulan lalu, hari ini kami melakukan pengukuhan dan pembekalan dalam rangka konsolidasi perluasan dukungan untuk Pak Ganjar ke 15 struktur basis SPN di Kabupaten Bandung untuk menjangkau 1.500 perusahaan dan 1,8 juta SPN," ujar Lukman.

1. Ada jutaan buruh yang sudah terdaftar

Dukungan Buruh pada Ganjar Pranowo di Jawa Barat Mulai Menguat!Ilustrasi buruh/pekerja. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dia menjelaskan, total buruh yang terdata secara resmi maupun tidak mencapai 130 juta. Sedangkan, buruh yang terdata secara formal mencapai 54 juta orang. Dia menargetkan 80 hingga 90 persen dari total butuh yang terdata secara formal memberikan dukungannya.

"Jumlah buruh di Indonesia ada 130 juta yang formal maupun informal. Sedangkan yang formalnya mencapai 54 juta, kami targetkan meraup dukungan hingga 80 hingga 90 persen, terutama yang berada di Pulau Jawa," lanjut Lukman.

Sementara, dalam konsolidasi yang dilakukan di sejumlah perusahaan, Lukman menyampaikan sederet tawaran dalam meraih dukungan, seperti memberikan jaminan sosial atas kesejahteraan buruh dan membentuk komisi nasional hubungan industrial.

"Yang GBB tawarkan adalah mengkolaborasikan kandidat adalah bagaimana hubungan industrial yang harmonis untuk menguatkan industri nasional dan kesejahteraan buruh," katanya.

2. Buruh sudah bertemu dengan Ganjar Pranowo

Dukungan Buruh pada Ganjar Pranowo di Jawa Barat Mulai Menguat!Ganjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain itu, GBB telah bertemu langsung dengan Ganjar Pranowo satu bulan lalu. Dalam pertemuannya, GBB menyampaikan sejumlah rencana dan struktur pemenangan GBB untuk Ganjar Pranowo.

"Kami bertemu Pak Ganjar satu bulan yang lalu, kami berdiskusi dan salah satu yang disampaikan pada hari ini adalah struktur kemenangan berbasis SPN yang akan kami terus perluas," lanjut Lukman.

Ganjar merespon positif dukungan yang diberikan GBB untuknya, serta memberikan aspirasi dari GBB kepada Ganjar apabila nantinya Ganjar terpilih sebagai Presiden 2024.

"Aspirasi yang disampaikan adalah tentang hukum ketenagakerjaan, tentu saja Pak Ganjar merespon dengan positif bagaimana nanti kami berkolaborasi memperbaiki kebijakan yang selama ini masih kontroversial," kata Lukman.

3. Peningkatan upah buruh harus diperjuangkan Ganjar Pranowo

Dukungan Buruh pada Ganjar Pranowo di Jawa Barat Mulai Menguat!Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan seusai upacara HUT Jateng Ke-78 di Kabupaten Brebes. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Lukman berharap apabila terpilih menjadi Presiden di 2024, Ganjar akan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan perlindugan buruh di Indonesia.

"Peningkatan buruh bukan hanya dari upah, tapi bagaimana ke depan pemerintah bisa membuat program jaminan sosial sehingga kesejahteraannya pun meningkat," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Pastikan Harga Beras Berangsur Stabil

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Janji Hidupkan Stasiun KCJB Tegalluar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya