Duh Euy! 117 Pegawai Pemkot Bandung Positif COVID-19

80 persen pegawai ini merupakan OTG

Bandung, IDN Times - Kasus positif COVID-19 yang menginfeksi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bandung terus bertambah. Berdasarkan data pada Senin(7/9/2020), sebanyak 117 pegawai dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Dari jumlah tersebut 80 persen  diantaranya merupakan berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kepala Bapelitbang sekaligus Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, temuan kasus positif COVID-19 sebanyak 117 pegawai itu merupakan hasil swab tes massal yang dilakukan terhadap 1.900 orang di lingkungan Pemkot Bandung.

"Temuan ini dari tahapan swab test massal 3.000 ASN di Pemkot Bandung. Dari 3.000 baru 1.900 yang menjalani tes dan hasilnya baru diketahui positif sebanyak 117 orang," kata Ahyani ketika dihubungi, Senin(7/9/2020).

1. Baru 1.900 dari 3.000 pegawai yang jalani swab test

Duh Euy! 117 Pegawai Pemkot Bandung Positif COVID-19Doc Humas Pemkot Bandung

Ahyani menyebutkan, Pemkot Bandung akan terus melakukan tracing dan tes usap kepada 3.000 pegawai yang bekerja di 62 perangkat daerah, 30 kecamatan dan 32 dinas. Hingga, Senin(7/9/2020), pelaksanaan tes usab sudah berlangsung di 39 perangkat daerah (OPD) dengan total 1.900 orang. 

"Itu Pegawai yang ada di lingkungan Pemkot Bandung, setiap perangkat daerah kan diberikan 50 orang dan itu berhak dipilih yang mobilitas banyak atau sering ketemu orang banyak pokoknya yang berisiko tinggi," ujar Ahyani.

2. Pegawai positif sudah menjalani isolasi mandiri

Duh Euy! 117 Pegawai Pemkot Bandung Positif COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Ia menuturkan, hasil tes usap yang baru dilakukan terhadap 1.900 orang, hasilnya diketahui sebanyak 117 pegawai dinyatakan positif COVID-19. Temuan ini langsung ditindaklanjuti Dinas Kesehatan Kota Bandung dengan melakukan penyelidikan epidemiologi di rumah dan lingkungan keluarga.

Selain itu, para pegawai yang positif juga sudah melakukan isolasi mandiri. "Kalau protapnya kalau dia positif ya isolasi selama 14 hari kalau dia bisa mandiri tanpa gejala bisa isolasi. Kalau ada gejala khawatir bisa di rumah sakit," ungkapnya.

3. Kasus pegawai COVID-19 di Pemkot Bandung, 80 persennya merupakan OTG

Duh Euy! 117 Pegawai Pemkot Bandung Positif COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Ahyani menjelaskan, temuan 117 pegawai Pemkot Bandung yang dinyatakan positif COVID-19 adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka yang terinfeksi tidak mengalami gejala klinis seperti demam, sesak nafas, atau batuk. 

"Ketemu 80 persen masih pada tanpa gejala dan tidak ditemukan yang bergejala," tuturnya.

4. Mengingatkan warga untuk tetap perhatikan protokol kesehatan secara ketat

Duh Euy! 117 Pegawai Pemkot Bandung Positif COVID-19Pembagian masker dan hand sanitizer di Bandara SAMS Sepinggan (Dok. Bandara SAMS Sepinggan)

Ahyani menambahkan, kasus virus corona yang terjadi di Indonesia termasuk di Kota Bandung belum selesai. Penyebaran virusnya masih terus terjadi di tengah masyarakat. Karena itu, dirinya mengingatkan warga untuk tetap waspada terhadap penularan virus corona.

Apalagi, kata Ahyani, kasus COVID-19 yang terjadi di Kota Bandung hampir 80 persennya merupakan OTG. Kota Bandung masih berstatus oranye dalam penyebaran virus corona. Selain itu, kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang terjadi di masyarakat bukan berarti kondisi kembali normal seperti dulu. Tetapi, ada hal baru yang perlu ditingkatkan disiplinnya termasuk menjalankan protokol kesehatan dengan mengunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M).

"Kami sangat mohon dukungan masyarakat patuhi protokol kesehatan, termasuk pelaku aktifitas yang punya toko kegiatan apapun, tolong saling mengawasi," kata dia. 

Baca Juga: Kasus Corona Kota Bandung Terus Bertambah, Banyak ASN Pemkot Positif 

Baca Juga: Waspada! Sebagian Besar Pasien COVID-19 di Kota Bandung Merupakan OTG

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya