DPRD Jabar Sesalkan Rencana Penjualan Saham BIJB Kertajati ke Asing

Dewan juga pertanyakan kinerja pengelola

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) menyesalkan rencana penjualan saham Bandar Udara Kertajati ke India dan Arab Saudi. Penjualan ini seharusnya tidak terjadi jika pengelola mengikuti amanat Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Adapun salah satu yang menyesalkan penjualan ini yaitu, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jabar, Daddy Rohanady. Dia mengatakan, penjualan saham ini dilakukan bisa jadi karena pengelola belum mampu mengembangkan Bandar Udara Kertajati.

"Bisa jadi hal itu dilakukan, salah satunya, karena manajemen yang ada dianggap tidak mampu mengembangkan bandara tersebut," ujar Daddy melalui keterangan resmi, Senin (23/1/2023).

1. Presiden pernah memberikan banyak masukan soal BIJB Kertajati

DPRD Jabar Sesalkan Rencana Penjualan Saham BIJB Kertajati ke AsingBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Menurut Daddy, penjualan saham ini bisa saja tidak dilakukan jika pengelola mempertimbangkan arahan dari Presiden Jokowi. Adapun sebelumnya presiden sudah memberikan arahan banyak agar BIJB Kertajati bergeliat.

"Presiden pernah mengamanatkan untuk relokasi PT Dirgantara Indonesia dan PT Pindad ke Kertajati semestinya membuat BIJB Kertajati menggeliat. Apalagi jika BIJB Kertajati dijadikan bandara tempat pemberangkatan haji-umrah Jabar," ungkapnya.

2. Jika amanat presiden ditempatkan bisa saja saham tidak dijual ke asing

DPRD Jabar Sesalkan Rencana Penjualan Saham BIJB Kertajati ke AsingBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Presiden juga pernah mengamanatkan BIJB Kertajati dijadikan sebagai pusat perawatan pesawat TNI dan Polri yang jumlahnya banyak. Menurutnya, langkah itu merupakan hal yang bagus untuk memajukan Bandar Udara Kertajati.

"Jika amanat Presiden Jokowi dilakukan saja, sesungguhnya BIJB Kertajati bisa menjadi sebuah bandara yang sangat sibuk," ucapnya.

3. BIJB Kertajati bisa banyak dapat untung dari arahan presiden

DPRD Jabar Sesalkan Rencana Penjualan Saham BIJB Kertajati ke AsingGedung Terminal Bandara Kertajati. (IDN Times/Hardiansyah)

Belum lagi, jika Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka jalur udara BIJB Kertajati untuk mancanegara. Maka potensi membangkitkan geliat ekonomi sangat besar. Mulai dari wisatawan dan sektor bisnis lainnya.

"Selain itu, ada pasar yang juga tidak kalah banyak. Jabar merupakan salah satu pengirim tenaga kerja Indonesia (TKI) yang cukup besar. Potensi itu juga cukup baik," katanya.

4. Berharap penjualan membuahkan hasil

DPRD Jabar Sesalkan Rencana Penjualan Saham BIJB Kertajati ke AsingIlustrasi runway/Dokumentasi Pemprov Jabar

Dengan semua potensi itu, Daddy akhirnya bertanya soal penjualan saham ke pihak asing. Apalagi penawaran dilakukan ketika Tol Cisumdawu segera dioperasikan. Mengingat, kendala paling utama adalah akses tol yang belum diselesaikan.

"Semoga dengan penjualan itu, BIJB Kertajati akan beroperasi penuh secepatnya. Penjualan tersebut diharapakan membawa hikmah dan berefek positif untuk semua," kata dia.

Baca Juga: Bandara Kertajati 'Dibeli' Investor Saudi dan India? Ini Kata BIJB

Baca Juga: 400 Jemaah Umrah Diterbangkan dari BIJB Kertajati Akhir Pekan Ini

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya