400 Jemaah Umrah Diterbangkan dari BIJB Kertajati Akhir Pekan Ini

Jemaah yang akan diberangkatkan untuk satu kloter

Bandung, IDN Times - Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan menerbangkan 400 jemaah umrah pada 20 November 2022. Kabar baik ini disampaikan langsung Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jabar.

"Jemaah umrah rencananya tanggal 20 (November) itu satu kloter yang terdiri dari 400 orang," ujar Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam, Senin (14/11/2022).

1. Jadwal ditentukan oleh maskapai

400 Jemaah Umrah Diterbangkan dari BIJB Kertajati Akhir Pekan IniBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Ajam Mustajam mengatakan, persiapan penerbangan untuk jemaah umrah saat ini masih terus dilakukan bersama instasi terkait. Mulai dari manajemen BIJB Kertajati hingga dari maskapai yang akan menerbangkan para jemaah.

Sedangkan, untuk maskapai yang siap untuk menerbangkan jemaah ada dua, yakni Garuda Indonesia dan Lion Air.

"Nah yang menentukan jadwal penerbangan mereka. Tapi yang jelas kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak Bandara Soekarno Hatta, BIJB Kertajati, dan para penyelenggara umrah," ungkapnya.

2. BIJB Kertajati harus berangkatkan jemaah umrah

400 Jemaah Umrah Diterbangkan dari BIJB Kertajati Akhir Pekan IniBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Disinggung soal pemberangkatan untuk keloter kedua dari jemaah umrah Jabar, Ajam belum mengetahui secara pasti. Namun ia berharap BIJB Kertajati bisa memberangkatkan jemaah umrah selanjutnya.

"Kita doakan sesuai dengan target. Kami berkomitmen bahwa (BIJB) Kertajati harus dipakai untuk kepentingan masyarakat Jabar," katanya.

3. Sekda Jabar optimistis BIJB Kertajati bisa berangkatkan jemaah umrah

400 Jemaah Umrah Diterbangkan dari BIJB Kertajati Akhir Pekan IniBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, BIJB Kertajati bakal memberangkatkan 40 ribu jemaah umrah pada November 2022. Rencana ini sejalan dengan proses pembangunan yang kini sudah mendekati maksimal.

Selain itu, pembangunan infrastruktur penunjang BIJB Kertajati juga terus berproses. Misalnya, pembangunan jalan tol Jalan Tol Cileunyi-Sumedang–Dawuan yang kini terus membaik.

"Jalan Tol di Dawuan mudah-mudahan selesai di akhir tahun ini. Jadi kalau jalan tol selesai di akhir tahun ini, dan yang sudah tercatat umroh di Jawa Barat ini sekitar 40 ribu, saya rasa Kertajati akan tumbuh dan berkembang dengan baik," ujar Setiawan, Senin (26/9/2022).

4. BIJB Kertajati harus bangkit

400 Jemaah Umrah Diterbangkan dari BIJB Kertajati Akhir Pekan IniGedung Terminal Bandara Kertajati. (IDN Times/Hardiansyah)

Setiawan menjelaskan, selain untuk memberangkatkan jemaah umrah, BIJB Kertajati juga akan kembali melayani penerbangan domestik seperti sebelum-sebelumnya.

"Pokoknya maskapai Garuda itu kurang lebih seminggu sekali. Lion sehari dua kali. Kurang lebih sekian," ucapnya.

Kemudian, sejumlah pesawat yang tadinya hanya mendarat di Bandara Husein Sastranegara akan turut dipindahkan ke BIJB Kertajati. Dia berharap, bandara Kertajati bisa kembali beroperasi dengan maksimal.

"Karena saat ini kita sudah mengirimkan surat juga menteri perhubungan bahwa untuk pesawat-pesawat jet dan propeller yang tadinya mendarat di Husein itu dikembalikan ke Kertajati," katanya.

Baca Juga: BIJB Kertajati Harus Bisa Terbangkan Jemaah Umrah Bulan Depan

Baca Juga: Penerbangan Jemaah Umrah Lewat BIJB Kertajati Terkendala Harga Avtur

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya