DPRD Jabar Bakal Terima Nama Pj Gubernur 4 September 2023

DPRD Jabar belum menerima nama yang dipilih Presiden

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat akan menerima nama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat pengganti Ridwan Kamil pada 4 September 2023. Saat ini, legislator belum mengetahui siapa nama yang dipilih Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk pimpin Jabar.

Wakil DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, merujuk pada 2018 silam, nama Pj Gubernur biasanya akan diumumkan H-1 sebelum masa kepemimpinan Ridwan Kamil berakhir di 5 September 2023.

"Kan dulu juga dadakan H-1 baru di info. Dulu H-1 Pak Iwan Bule juga. Jadi, gak akan ada kekosongan. Minimal H-1 atau hari H sudah ada," ujar Ineu, Rabu (30/8/2023).

1. Proses penentuan Pj masih tahap penilaian

DPRD Jabar Bakal Terima Nama Pj Gubernur 4 September 2023dreamstime

DPRD Jabar sudah menempuh seluruh mekanisme dengan mengusulkan tiga nama pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selanjutnya dari Kemendagri juga mengusulkan tiga nama pada Presiden Jokowi. Setalah itu akan ditentukan.

"Jadi penilaian akhirnya presiden menilai siapa yang layak buat Jabar. Sampai sekarang saya belum dapat siapa yang hasil akhir penilaian," ucapnya.

2. DPRD telah menempuh aturan yang sesuai Kemendagri

DPRD Jabar Bakal Terima Nama Pj Gubernur 4 September 2023ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Ineu menambahkan, tiga nama yang direkomendasikan oleh DPRD yakni Asep N Mulyana, Direktur Jenderal Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Guru Besar Farmasi Universitas Padjadjaran, Keri Lestari, dan Deputi Bidang Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin.

"Dewan mengusulkan tiga nama itu. Saat ini masih digodok Tim Penilaian Akhir (TPA) di Kemendagri yang terdiri dari beberapa kementerian," katanya.

3. Ridwan Kamil beri bocoran sosok Pj Gubernur

DPRD Jabar Bakal Terima Nama Pj Gubernur 4 September 2023ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww

Sebelumnya, Gubernur Ridwan Kamil membocorkan tentang sosok Pj Gubernur Jabar yang akan menggantikan dirinya. Dia mengatakan, orang yang dipilih Presiden Jokowi ini akan tiba di Gedung Sate, pada Senin 4 September 2023.

"Ini hari-hari terakhir saya (jadi Gubernur) sampai Jumat. Sabtu-Minggu perpisahan budaya, Senin datang Pj baru," kata Emil, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Dua Tantangan Terbesar Selama Jadi Gubernur Jabar

Baca Juga: Jokowi Putuskan Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pekan Ini

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya