Dishub Jabar Minta Warga Tetap Kenakan Masker di Transportasi Umum

Aturan pelepasan masker di transportasi umum belum ada

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) meminta agar masyarakat tetap mengenakan masker ketika menggunakan transportasi umum. Hal ini dikarenakan aturan pelepasan masker di sektor transportasi umum belum dilakukan.

Sekretaris Dishub Jabar, Idat Rosana mengatakan, Pemprov Jabar juga belum membuat aturan yang tegas agar masyarakat bisa melepas masker saat berada dalam transportasi umum.

"Kalau kita lihat COVID-19 masih ada, namun di perhubungan terkait pengggunaan angkutan umum sebetulnya tetap kita (minta kenakan masker) di kereta juga belum dilepas, di bus juga," ujar Idat saat ditemui di Bandung, Selasa (13/6/2023).

1. Pemprov Jabar belum keluarkan aturan pelepasan masker

Dishub Jabar Minta Warga Tetap Kenakan Masker di Transportasi UmumIDN Times/Debbie Sutrisno

Idat menjelaskan, secara umum penggunaan masker memang sudah dibebaskan. Hanya saja, aturan dalam bidang perhubungan terutama transportasi masih belum ada aturan pelepasan masker.

Dengan begitu, dia meminta masyarakat tetap mengenakan masker.

"Walapun sudah bebas saat ini, belum ada keputusan tim COVID-19 baik dari Jabar bahwa dalam kendaraan umum harus dibuka," ungkapnya.

2. Dishub Jabar imbau masyarakat tetap bermasker

Dishub Jabar Minta Warga Tetap Kenakan Masker di Transportasi UmumIDN Times/Debbie Sutrisno

Penggunaan masker sendiri diartikan Idat sebagai pencegahan penularan COVID-19 yang saat ini masih ada dan belum berakhir. Menurutnya, masyarakat harus tetap waspada, terutama dalam transportasi umum.

"Untuk mewaspadai kita tetap bermasker meskipun di kendaraan umum baik di kereta, di angkutan udara, laut. Ini untuk menjaga kesehatan dan ini anjuran transportasi umum bahwa masker harus dibuka itu belum ada," jelasnya.

3. Warga tak bermasker dalam transportasi umum akan ditegur

Dishub Jabar Minta Warga Tetap Kenakan Masker di Transportasi UmumIDN Times/Debbie Sutrisno

Meski begitu, Idat memastikan jika tidak ada sanksi bagi penumpang angkutan umum jik tidak menggunakan masker, sebab hal ini masih bersifat imbauan.

"Sebetulnya kami mengimbau juga agar penumpang tidak pakai masker bahwa virus belum nol banget. Untuk jaga kesehatan baik pribadi untuk angkutan," kata dia.

Baca Juga: Sopir Bus TMB di Bandung Dipukul, Dishub Jabar Investigasi

Baca Juga: Diprotes Warga, Dishub DKI Tak Jadi Tutup U-Turn Antasari

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya