Dinkes Kota Bakal Sebar 7.000 Dosis Vaksin COVID-19 ke 80 Faskes

Vaksin mulai disalurkan ke fasilitas kesehatan pekan depan

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Bandung telah menerima 7.000 dosis vaksin anti COVID-19 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Seluruh vaksin ini nantinya akan disebarkan ke 80 fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan, 7.000 dosis vaksin COVID-19 ini baru saja diterima dalam beberapa waktu kemarin. Adapun jenis vaksin sendiri berasal dari dalam negeri, IndoVac dan InaVac.

"Alhamdulillah kami menerima kiriman 7.000 dosis vaksin, rencananya ini akan kami sebar ke 80 puskesmas dan fasilitas kesehatan yang meminta, ada rumah sakit, ada juga klinik yang meminta akan kami kasih sesuai dengan anjuran Kemenkes," ujar Anhar saat dihubungi, Rabu (27/12/2023).

1. Vaksin diberikan pada seluruh masyarakat

Dinkes Kota Bakal Sebar 7.000 Dosis Vaksin COVID-19 ke 80 Faskesilustrasi Vaksin Imvanex (IDN Times/Aditya Pratama)

Anhar mengungkapkan, pemberian vaksin ini sendiri nantinya diberikan pada tenaga kesehatan, dan masyarakat yang belum melakukan booster ketiga. Dinkes Kota Banding dikatakannya tidak akan menutup-nutupi

"Kami rencananya akan berikan ke Nakes yang belum, kemudian lansia, komorbid dan masyarakat umum, termasuk yang ingin mendapatkan booster ke 3. Jadi kami akan buka saja," ucapnya.

2. Dinkes Bandung masih punya stok vaksin

Dinkes Kota Bakal Sebar 7.000 Dosis Vaksin COVID-19 ke 80 Faskesilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut, Anhar menjelaskan, pemberian 7.000 vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat tergolong tinggi. Mengingat, Pemkot Bandung sebelumnya hanya meminta beberapa ribu dosis saja untuk vaksin COVID-19 ini.

"Terus terang saja, 1.450 yang kami dapat diawal juga banyak yang belum dipakai. Terus kami minta 5.000 alhamdulillah dikasih 7.000, makanya kami berani buka saja," kata dia.

3. Distribusi vaksin dilakukan pekan depan

Dinkes Kota Bakal Sebar 7.000 Dosis Vaksin COVID-19 ke 80 Faskesilustrasi vaksin LSD. (IDN Times/Aditya Pratama)

Anhar menambahkan, 7.000 dosis vaksin ini nantinya akan disebarkan ke 80 fasilitas kesehatan pada pekan depan. Saat ini Dinkes Kota Bandung dikatakannya masih akan mempersiapkan teknis distribusi.

"Ini kami persiapan masih buka saja paling tidak pekan depan kami buka di seluruh puskesmas. Kami masih ngatur teknis insyaallah senin depan kita mulai buka di seluruh puskesmas dan fasilitas kesehatan," katanya.

Baca Juga: Dinkes Bandung Luncurkan Cerdiku, Upaya Cegah Stunting dan Anemia 

Baca Juga: Tekan Kasus DBD, Dinkes Bandung Pastikan Program Nyamuk Wolbachia Aman

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya