Didoakan Ibunda Maju Pilgub DKI Jakarta, Ridwan Kamil: Tunggu Februari

Ridwan Kamil belum pastikan akan maju di Pilgub DKI Jakarta

Bandung, IDN Times - Langkah politik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil di Pemilu serentak 2024 masih belum mengerucut pada satu pilihan. Emil belum memastikan akan maju di Pilgub DKI Jakarta atau melanjutkan periode kedua sebagai gubernur di Jawa Barat.

Meski belum menentukan langkah pasti, Ibunda Ridwan Kamil, Tjutju Sukaesih atau Maci secara terang-terangan sudah memberikan restu agar Emil maju dalam Pilgub DKI Jakarta pada 2024. Dukung ini disampaikan Maci saat mengunjungi SMAN 1 Tasikmalaya.

1. Ridwan Kamil anggap doa Maci merupakan nasehat

Didoakan Ibunda Maju Pilgub DKI Jakarta, Ridwan Kamil: Tunggu FebruariGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menanggapi, restu dan doa yang disampaikan Maci merupakan sebuah nasehat pada anak. Dia juga tidak menampik bahwa apa yang sudah diungkapkan oleh ibunya merupakan pilihan yang rasional di Pemilu 2024.

"Poinnya adalah mana yang terbaik. Kalau memang harus di tempat baru ya pilihan DKI itu jadi sebuah nasehat, bukan berarti tidak ya karena per hari ini masih di Jabar. Tapi kalau bukan di Jabar yang paling rasional adalah DKI," ujar Emil, Senin (31/7/2023).

2. Ridwan Kamil bakal tentukan langkah politik di Februari 2024

Didoakan Ibunda Maju Pilgub DKI Jakarta, Ridwan Kamil: Tunggu FebruariGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Emil memastikan dirinya masih belum menentukan langkah selanjutnya setelah masa jabatannya berakhir pada 5 September 2023. Namun, langkah politik di 2024 akan diumumkan pada Februari.

"Kalau tanya Pilkada terlalu awal nanti aja di Februari, karena persentase si partainya itu kan belum tahu apa bisa sendiri atau koalisi. Makanya masih panjang  ya," katanya.

3. Ridwan Kamil bisa jadi maju ke DKI atau Jabar periode kedua

Didoakan Ibunda Maju Pilgub DKI Jakarta, Ridwan Kamil: Tunggu FebruariGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Emil mengatakan, setelah berakhir masa jabatan ia tidak maju dan bertarung dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Dia juga menunggu keputusan partai apakah dirinya didorong untuk maju Pilgub Jabar periode kedua atau DKI Jakarta.

"Restu partai belum karena nanti setelah bulan Februari (Pileg dan Pilpres 2024). Tapi kalau berbicara hari ini dua provinsi itu surveinya bagus," ujar Emil di Gedung Pakuan, Kamis (25/5/2023)

Saat disinggung soal keinginannya apakah mau maju di Pilgub Jabar atau Pilgub DKI Jakarta, Emil belum menjawab secara gamblang. Dia memastikan pilihan itu akan jatuh pada Februari 2024 nanti saat awal berlangsungnya Pemilu serentak.

"(Keinginan pribadi) Engke Februari we (Nanti Februari saja). Pasti viral," katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Optimistis Semua Lapangan di Jabar Lolos Inspeksi FIFA

Baca Juga: Nama Almarhum Anak Ridwan Kamil Disematkan di Bunga Lotus Tiongkok

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya