Di Tengah COVID-19, Ada Anggaran Sewa Helikopter Khusus Wagub Jabar

Recofusing padahal sudah dilakukan sejak Juli 2021

Bandung, IDN Times - Anggaran belanja Provinsi Jawa Barat tengah disorot. Janji Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang merefocusing anggaran dari 11 proyek strategis di tengah pandemik COVID-19 sepertinya tidak berlaku untuk anggaran penjalanan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Dalam laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SIRUP LKPP), Senin (2/8/2021) pukul 12.00 WIB, masih tercatat ada 8 paket 'sewa helikopter' untuk Wakil Gubernur Jawa Barat.

Anggaran itu terlihat dalam 8 paket per bulannya dari Februari hingga September 2021. Di tengah masa pandemi COVID-19 ini, pagu anggaran untuk masing-masing paket itu sebesar Rp 75 juta atau total Rp 600 juta.

1. Sewa helikopter sebesar Rp75 juta untuk setiap paket

Di Tengah COVID-19, Ada Anggaran Sewa Helikopter Khusus Wagub Jabar

Anggaran ini diketahui melalui laman sirup.lkpp.go.id, Senin (2/7/2021). Dalam laman itu, tercatat bahwa belanja langsung helikopter dilakukan oleh Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Jabar sejak Februari 2021 hingga September 2021.

Adapun pagu dari pengadaan itu mencapai Rp75.000.000 di setiap pengajuan. Sedangkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan bahwa Pemprov Jabar melakukan recofusing anggaran sejak Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat 3-20 Juli 2021.

2. Pemprov Jabar sudah mengalokasi bahkan menghentikan 11 proyek strategis untuk penanganan COVID-19

Di Tengah COVID-19, Ada Anggaran Sewa Helikopter Khusus Wagub JabarANTARA FOTO/Novrian Arbi

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil bilang, dalam penerapan PPKM darurat tidak hanya mengeluarkan aturan teknis semata. Menurutnya, harus ada alokasi anggaran lebih untuk masyarakat.

"Kami akan melakukan refocusing anggaran, kami lihat juga yang isoman butuh dukungan dari kita. Tidak hanya pasien covid yang di rumah sakit,"

"Saya sendiri sudah memberhentikan 11 proyek infrastruktur, akan kami geser untuk menyediakan kebutuhan masyarakat di Jabar," ujar Emil dalam konfrensi video, Kamis (1/7/2021). .

3. Saat dikonfirmasi langsung Uu tidak bisa menjelaskan langsung soal alokasi anggaran itu

Di Tengah COVID-19, Ada Anggaran Sewa Helikopter Khusus Wagub JabarIDN Times/Humas Jabar

IDN Times mencoba mengkonfirmasi langsung mengenai pengadaan helikopter itu pada Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum. Saat ditanya apakah helikopter itu digunakan selama pandemik COVID-19, Ia tidak menjawab secara tegas.

"Coba tanyakan langsung ke Pak Sekda," katanya melalui pesan WhatsApp, Senin (2/7/2021).

Kemudian IDN Times juga mengkonfirmasi langsung Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja untuk mengklarifikasi perihal ini, namun tidak mendapat respon hingga berita ini diterbitkan.

Baca Juga: Gara-gara PPKM, Pemprov Jabar Kehilangan Duit Rp5 Triliun

Baca Juga: Vaksinasi Pemprov Jabar Masih Rendah, Ridwan Kamil Kasih Alasan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya