Daftar 16 Kepala Daerah di Jabar yang Masa Jabatannya Berakhir di 2023

Termasuk masa jabatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Sebanyak 16 kepala daerah di Jawa Barat (Jabar) akan berakhir masa jabatannya pasa 2023. Dari enam belas kepala daerah itu, salah satu yang masa jabatannya habis ialah Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada September 2023.

Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar, Dedi Supandi mengatakan, di luar masa jabatan gubernur ada 15 kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya di 2023. Dalam waktu dekat ada Pj Bupati Bekasi.

"Kabupaten dan kota itu 15 pejabat ada yang selesai bulan Mei satu orang, September ada lima orang, bulan Oktober satu orang, November satu orang, dan Desember 6 orang. Kalau ditotal dengan provinsi 16 karena provinsi di bulan September selesai," ujar Dedi, Rabu (17/5/2023).

1. Pemprov Jabar sudah usulkan tiga nama Pj

Daftar 16 Kepala Daerah di Jabar yang Masa Jabatannya Berakhir di 2023Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Untuk Pj kabupaten dan kota sendiri, Pemprov Jabar mengusulkan tiga nama ke pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri. Namun, keputusan ini nantinya akan tetap ditentukan oleh pemerintah pusat.

"Tentunya provinsi siapkan usulan tiga nama ke pemerintah pusat yang nantinya tim dari pemerintah pusat memilih dan meng SK-kan siapa calon yang menjabat," ucapnya.

2. Pj Bekasi juga sudah diusulkan tiga nama

Daftar 16 Kepala Daerah di Jabar yang Masa Jabatannya Berakhir di 2023Kadisdik Jabar sekaligus Ketua Devisi Percepatan Vaksinasi Jabar, Dedi Supandi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dedi menambahkan, untuk masa jabatan yang akan habis di bulan Mei 2023 ada Kabupaten Bekasi. Pemprov Jabar juga sudah mengusulkan tiga nama ke Kemendagri, di mana hasilnya nanti akan disampaikan ke publik.

"Habis bulan Mei 2023 sudah diajukan, yaitu Bekasi, tiga nama sampai saat ini hasil yang ditetapkan siapa belum turun dari kementeriannya," ucapnya.

3. Tiga orang Pj Gubernur yang diusulkan DPRD Jabar

Daftar 16 Kepala Daerah di Jabar yang Masa Jabatannya Berakhir di 2023Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi. Dokumen Humas Jabar

Sedangkan untuk kepala daerah yang habis masa jabatannya pada bulan September 2023, kata Dedi, nantinya akan diusulkan pada bulan Agustus. Adapun usulan pengganti gubernur nantinya akan dilakukan oleh DPRD Jabar.

"Usulannya DPRD Jabar sama aja tiga nama nanti caranya pola rapat konsultasi pimpinan dan menyerap dari fraksi-fraksi, kira-kira tiga nama siapa bisa ke DPRD? Kalau berakhir September, data dari kementrian dan Juni ini sudah ada pengajuan karena proses tidak hanya satu," kata dia.

Berikut daftar 16 kepala daerah di Jabar yang habis masa jabatannya:

1.Selasa 23 Mei 2023
-Kabupaten Bekasi

2.Minggu 22 Oktober 2023
-Kota Cimahi

3.Selasa 14 November 2023
-Kota Tasikmalaya

4.Selasa 5 September 2023
-Gubernur Jawa Barat

5.Rabu 20 September 2023
-Kota Bekasi
-Kota Bandung
-Kota Sukabumi
-Kabupaten Bandung Barat
-Kabupaten Sumedang
-Kabupaten Purwakarta

6. Senin 4 Desember 2023
-Kota Banjar
-Kabupaten Kuningan

7.Selasa 12 Desember 2023
-Kota Cirebon

8. Selasa 19 Desember 2023
-Kabupaten Subang
-Kabupaten Majalengka

9. Sabtu 30 Desember 2023
-Kabupaten Bogor

Baca Juga: Tidak Hadiri Konsolidasi Partai, Ketua PDIP Bekasi Terancam Disanksi

Baca Juga: Dani Ramdan Tetap Jadi Pj Bupati Bekasi? Waspada Banyak Perlawanan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya