BPIP Apresiasi Pembinaan Ideologi Pancasila ala Disdik Jabar

BPIP dorong daerah lain tiru Jabar

Bandung, IDN Times - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengapresiasi cara Dinas Pendidikan (Disdik) dalam membumikan ideologi Pancasila di kalangan pelajar tingkat SMA/SMK dan sederajat.

Adapun kegiatan yang diapresiasi ini yaitu Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pengajar Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila di Mercure Hotel, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Jumat (21/10/2022).

1. Langkah Disdik Jabar bisa pertahankan nilai-nilai Pancasila

BPIP Apresiasi Pembinaan Ideologi Pancasila ala Disdik JabarANTARA FOTO

Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP RI, Baby Siti Salamah mengatakan, kegiatan yang sudah digelar oleh Disdik Jabar harus dicontoh oleh daerah lain. Sebab, hal ini merupakan upaya pertaganan agar ideologi Pancasila tetap berjaya.

"Sangat bisa jadi pilot project karena itu mesti dielaborasi dan di-endorse ke daerah-daerah lain agar meniru yang bagus," ujar Baby.

Penggunaan pakaian adat di kalangan pelajar SMA/SMK/SLB patut diacungi jempol. Menurutnya, upaya tersebut menjadi salah satu perwujudan nilai-nilai Pancasila. Dia juga menegaskan kepada para tenaga pengajar untuk mengenakan pakaian adat minimal sekali dalam sepekan.

Termasuk membiasakan memakai salam-salam di daerahnya masing-masing, semisal salam sampurasun di Jabar. "Kalau gak kita yang membanggakan terus siapa? Lama-lama budaya kita tuh punah loh," ungkapnya.

2. Penanaman ideologi Pancasila bisa melalui media apapun

BPIP Apresiasi Pembinaan Ideologi Pancasila ala Disdik JabarMonumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya di Jakarta Timur ( ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Baby pun mengapresiasi penyelenggaraan Festival Mustikarasa oleh Disdik Jabar. Adapun kegiatan ini digelar pada beberapa hari kemarin dengan melibatkan pelajar SMP, SMA/SMK dan guru untuk memasak menu dari Buku Mustikarasa.

Festival tersebut memecahan Rekor MURI Festival Mustikarasa dengan membuat 1221 Masakan Indonesia Warisan Sukarno secara virtual.

"Upaya Disdik Jabar yang konsisten membumikan Pancasila lewat pakaian daerah, Festival Mustika Rasa, dan lainnya patut diapresiasi dan dicontoh daerah lain," kata Baby.

3. Akan banyak kegiatan mendukung kegiatan pemerintah pusat

BPIP Apresiasi Pembinaan Ideologi Pancasila ala Disdik JabarDedi Supandi, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Sedangkan, Kepala Disdik (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi mengatakan, penggunaan pakaian adat juga ikut mendongkrak ekonomi masyarakat di mana banyak tempat penyewaan pakaian adat yang ramai pengunjung.

"Dengan ada kegiatan siswa yang menyewa pakaian baju adat, menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi mereka," ujarnya.

Dedi memastikan, ke depan Disdik Jabar akan kembali menghadirkan momentum istimewa untuk siswa-siswi di Jabar mengenakan pakaian adat. Pasalnya, apa yang sudah dilakukan selama ini dinilai sangat positif.

"Kita akan hadirkan di seluruh sekolah di Jabar," kata Dedi.

Baca Juga: Pemprov Jabar Belum Pakai IndoVac untuk Vaksinasi COVID-19

Baca Juga: Pemprov Jabar Tawarkan 20 Proyek Investasi Energi di WJIS 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya