BIJB Beroperasi Penuh, Rute Penerbangan ke Bali Paling Diminati

Hari pertama beroperasi BIJB diklaim penuh penumpang

Bandung, IDN Times - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati telah resmi beroperasi kembali secara penuh pada 29 Oktober 2023. Warga Jawa Barat kini sudah banyak terbang dari bandara yang berlokasi di Majalengka itu.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A Koswara mengatakan, animo penumpang di hari pertama beroperasi penuhnya BIJB Kertajati, terpantau cukup tinggi, dan hampir mengisi tujuh rute yang dikayani.

"Dari tujuh rute yang dilayani pada hari pertama beroperasi, hampir penuh. Rata-rata load factor diatas 50 persen," ujar Koswara, Senin (30/10/2023).

1. BIJB Kertajati pada hari pertama melayani 19 penerbangan

BIJB Beroperasi Penuh, Rute Penerbangan ke Bali Paling DiminatiBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Berdasarkan data yang dimiliki Dishub Jawa Barat, Lanjut Koswara, pada hari pertama penerbangan BIJB Kertajati, ada 19 penerbangan dari dan ke Kertajati. Dimana sebanyak 9 penerbangan dari Kertajati dan 10 tiba di Kertajati.

"Rute penerbangannya antara lain Denpasar, Kualanamu, Balikpapan, Ujungpandang, Batam dan Kuala Lumpur," katanya.

2. Denpasar-Bali paling banyak diminati

BIJB Beroperasi Penuh, Rute Penerbangan ke Bali Paling DiminatiGedung Terminal Bandara Kertajati. (IDN Times/Hardiansyah)

Menurutnya, jumlah penumpang dari keberangakatan dan kedatangan terbanyak menuju dan dari Denpasar-Kertajati. Hal ini menunjukkan, BIJB nantinya akan semakin ramai dengan para calon penumpang.

"Denpasar-Bali masih menjadi rute yang diminati," kata dia.

3. Kemenhub pastikan infrastruktur pendukung BIJB sudah disediakan

BIJB Beroperasi Penuh, Rute Penerbangan ke Bali Paling Diminatiilustrasi Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, BIJB Kertajati kini melayani tujuh rute penerbangan dalam negeri dan luar negeri. Dalam negeri ada tujuan Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang, yang dilayani oleh 4 (empat) maskapai yaitu: PT. Citilink Indonesia, PT. Indonesia AirAsia dan PT. Super Air Jet.

Budi menambahkan, beberapa akses pendukung melalui jalur darat juga sudah disiapkan, seperti menggunakan Damri hingga fasilitas publik lainnya. Akses juga tergolong lebih cepat dan murah.

"Kami juga informasikan akses dari dan ke Bandara Kertajati, baik menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi," katanya.

Baca Juga: Murah dan Cepat, Ini Daftar Harga Angkutan Umum ke BIJB Kertajati

Baca Juga: Bey Machmudin: BIJB Kertajati Mulai Beroperasi Penuh Besok!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya