Bey Machmudin Sudah Usulkan Satu Nama Pj Sekda Jabar ke Kemendagri

Pemprov Jabar tinggal menunggu keputusan Kemendagri

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin resmi mengusulkan satu nama untuk mengisi jabatan Pj Sekda Jawa Barat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Saat ini Pemprov Jabar tinggal menunggu keputusan.

Bey Machmudin mengatakan, satu nama yang diusulkan pada Kemendagri ini merupakan Eselon II. Usulan Pj ini menyusul jabatan Plh Sekda Setiawan Wangsaatmaja yang akan habis pada 3 Oktober 2023.

"Iya, iya betul. Pj satu nama. Sudah diusulkan, tinggal menunggu persetujuan. Kalau hari ini belum turun, berarti besok mesti Plh tapi bukan Pak Iwan," ujar Bey, Senin (2/10/2023).

1. Jika belum ada keputusan Kemendagri akan ada Plh

Bey Machmudin Sudah Usulkan Satu Nama Pj Sekda Jabar ke KemendagriPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey menjelaskan, jika Kemendagri belum menyetujui usulan satu nama ini pada esok hari. Maka status Sekda akan ada Plh. Sehingga, dia memastikan tidak akan ada kekosongan jabatan pada pimpinan tertinggi eselon daerah itu.

"Kami masih menunggu sampai hari ini, mudah-mudahan besok ada pelantikan. Tapi kalaupun suratnya masih misalnya 2-3 hari lagi, saya akan menunjuk Plh tapi bukan Pak Setiawan," katanya.

2. Nama Pj yang diusulkan masih rahasia

Bey Machmudin Sudah Usulkan Satu Nama Pj Sekda Jabar ke KemendagriPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Disinggung soal siapa nama yang sudah diusulkan sebagai Pj Sekda, Bey belum mau mengungkap secara gamblang. Namun dia memastikan ada dari pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Jabar.

"Tapi bukan Pak Setiawan. Jadi dari eselon II Tunggu aja, ya," kata dia.

3. Alasan Pj karena belum ada keputusan sistem seleksi dari BKN

Bey Machmudin Sudah Usulkan Satu Nama Pj Sekda Jabar ke KemendagriKepala BKD Provinsi Jabar, Sumasna (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Kepala BKD Jawa Barat, Sumasna mengatakan, posisi Pj Sekda ini akan dilakukan karena proses penilaian kandidat calon sekda yang dilakukan langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI masih berproses.

"Kemarin kita dapat arahan untuk asesmen (penilaian) dilakukan oleh BKN. Nah BKN itu ada jadwal yang mengatur, jadi kita menunggu pemberitahuan kapan jadwalnya Pemprov Jabar untuk asesmennya," kata Sumasna saat dikonfirmasi, Rabu (27/9/2023).

Sumasna mengungkapkan, sembari menunggu keputusan dari BKN. Maka posisi sekda akan diisi oleh Pj. Sehingga, saat ini Pemprov Jabar bakal mengusulkan satu nama kepada Kemendagri sebagai Pj Sekda.

Adapun nama yang akan diusulkan ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Salah satunya harus dari pejabat struktural eselon II A. Disinggung soal potensi nama Plh Setiawan Wangsaatmaja apakah akan ditunjuk sebagai Pj. Sumasna mengaku belum mengetahui hal itu.

"Potensi Pj ada tapi harus dari Eselon II A struktural kalau dari Pj Sekda. Dalam hal ini Pak Iwan (Setiawan) fungsional, nah ini masih menunggu respon dari Jakarta," jelasnya.

Setiawan Wangsaatmaja sendiri statusnya hanya pensiunan, bukan ASN Eselon IIA. Namun dia ditunjuk menjadi pejabat fungsional di Pemprov Jabar, dan kini ditunjuk untuk menjabat sebagai Plh Sekda Jabar.

Baca Juga: BKD: Kursi Sekda Jawa Barat Kemungkinan Diisi Pj 

Baca Juga: Pemprov Mulai Lakukan Assament Pengganti Sekda Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya