Bey Machmudin Minta Kepolisian Usut Sumber Sampah Pantai Loji

Bey temukan babyak sampah garmen dibanding plastik

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin meninjau langsung tumpukan sampah di pesisir Pantai Cibutun Loji, Kabupaten Sukabumi, Rabu (4/10/2023). Dari hasil peninjauan sampah di pantai itu didominasi limbah kain garmen.

Berdasarkan informasi yang berhasil dia himpun, aparat setempat kerap melakukan pembersihan. Terakhir, hal itu dilakukan pada bulan Juni hingga Juli lalu. Namun, tumpukan sampah kembali menggunung.

"Saya ingin melihat langsung seperti apa sampahnya. Dan setelah saya lihat ternyata hampir semuanya anorganik dan ternyata Pak Kapolres, Pak Dandim, Kades membenarkan bahwa ini adalah limbah semacam limbah kain, limbah garmen, semuanya sejenis," ujar Bey, Rabu (4/10/2023).

1. Sampah menumpuk karena terkena alat PLTU

Bey Machmudin Minta Kepolisian Usut Sumber Sampah Pantai Loji(Istimewa)

Selain itu, Bey menjelaskan, terjadinya penumpukan sampah ini disebabkan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pelabuhan Ratu yang turut memecah ombak. Sehingga menggiring sampah ke Pantai Loji, Sukabumi.

"PLTU itu membuat pemecah ombak, nah itu (sampahnya) terkonsentrasi disini menjadi banyak seperti ini, dan ini rutin dibersihkan, terakhir bulan Juni sampai Juli. Sekarang sudah ada lagi setinggi ini," katanya.

2. Bey duga ada oknum yang sengaja buang sampah di Pantai Loji

Bey Machmudin Minta Kepolisian Usut Sumber Sampah Pantai Loji(Istimewa)

Lebih lanjut, Bey meminta pihak Kepolisian dan TNI membantu melakukan penelusuran sumber masalah utamanya. Dugaan sementara sampah ini hasil dari industri atau ada kapal yang sengaja membuang sampah.

Di samping itu, Bey akan membahas persoalan sampah ini di tingkat Pemerintah Provinsi karena ini sudah berada di lintas dua wilayah antara kabupaten dan kota.

"Saya minta Kapolres dan Dandim membantu, melakukan penelusuran dimana ini masalah utamanya. Apakah dari limbah industri atau jajngan jangan ada sebuah kapal yang khusus membuang limbah. Karena ini sejenis semua. Semua dugaan kita perkirakan, nanti kita tunggu seperti apa hasilnya," jelasnya.

3. Pemprov Jabar akan melakukan koordinasi lebih lanjut

Bey Machmudin Minta Kepolisian Usut Sumber Sampah Pantai Loji(Istimewa)

Bey menambahkan, tindakan paling penting saat ini yaitu membersihkan terlebih dahulu tumpukan sampah di Pantai Loji ini. Sebab hal itu akan menggangu aktivitas masyarakat berada di sekitar pantai.

"Tindakan yang akan dilakukan dibersihkan dulu, nanti kami sosialisasi. Tapi seperti yang saya bilang tadi, tidak hanya dibersihkan, tapi dari hulunya kita mulai (pembenahannya)," kata dia. 

Baca Juga: Polemik Sampah Pantai Loji, DLH Jabar Bela Pandawara Grup

Baca Juga: Bey Akan Turun Tangan Selesaikan Konflik Sampah Pantai Loji Sukabumi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya