Bey Akan Turun Tangan Selesaikan Konflik Sampah Pantai Loji Sukabumi

Bey sebut ada persoalan miss komunikasi

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin akan turun tangan langsung menyelesaikan konflik Pandawara Grup bersama Karang Taruna soal pembersihan sampah Pantai Loji, Sukabumi.

Menurut Bey, beberapa waktu lalu dirinya sudah mendapatkan banyak informasi soal kondisi sampah di Pantai Cibutun Loji, Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

"Versi kepala desa kan sudah melakukan pembersihan karena kiriman sampah dari sungai. Pandawara ini ingin membersihkan, dua-duanya baik," ujar Bey, Selasa (3/10/2023).

1. Bey akan menjalin komunikasi antar dua belah pihak

Bey Akan Turun Tangan Selesaikan Konflik Sampah Pantai Loji SukabumiTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Setelah mendapat informasi dari kepala desa, kemudian muncul konten video dari Pandawara Grup soal tumpukan sampah di Pantai Loji yang membuat Karang Taruna setempat tidak terima atas isi konten tersebut. Bey mengatakan, pada dasarnya konflik ini hanya miss komunikasi.

"Mungkin akan dikomunikasikan seperti apa. Artinya akan kami duduk bersama kan. Dua-duanya baik untuk kebersihan. Kepala desa juga dan masyarakat telah menebrihskan," ungkapnya.

2. Bey sebelumnya sudah banyak terima informasi soal kondisi sampah Pantai Loji

Bey Akan Turun Tangan Selesaikan Konflik Sampah Pantai Loji SukabumiTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Bey juga pada bulan lalu sudah melihat langsung foto dari kepala desa. Dalam foto itu tumpukan sampah tidak banyak dan sudah dibersihkan. Dia menduga sampah ini kiriman dari sungai di wilayah Bogor, Bekasi.

"Bulan lalu saya terima fotonya sudah bersih. Memang kiriman dari sungai. Sampah ini urusan bersama dari hulu sungai, Saya sudah minta Pak Sekda polisi sungai di Bekasi kab Bogor segera menindak," kata dia.

3. Karang Taruna akan ajukan somasi

Bey Akan Turun Tangan Selesaikan Konflik Sampah Pantai Loji SukabumiTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Karang Taruna Kecamatan Simpenan meminta agar Pandawara Grup segera mengklarifikasi konten video ajakan untuk membersihkan pantai Loji.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Simpenan, Deris Alfauzi mengatakan, jika dalam waktu dekat tidak ada klarifikasi dari Pandawara Grup. Maka Karang Taruna akan melayangkan somasi. Selain itu, dirinya juga akan membuat laporan kepada Aparat Penegak Hukum.

"Kami akan membuat somasi terkait video viral tersebut dan dalam 2x24 jam kalau tidak ada kejelasan, maka akan kami laporkan, karena itu membuat konten tanpa konfirmasi dan tidak tahu fakta sebenarnya," kata dia.

Adapun Isi konten video yang diunggah melalui akun Instagram Pandawara Grup ini memperlihatkan tumpukat sampah di pinggir Pantai Cibutun Loji. Mereka menuliskan kalimat 'Selamat Datang di Pantai Terkotor No 4 di Indonesia' di kertas yang ditancapkan dengan bambu.

Baca Juga: Konten Video Pandawara Grup Dikecam Warga Sukabumi

Baca Juga: Kronologi Pandawara Group Mau Disomasi, Malah Tuai Dukungan Netizen

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya