Banyak Libur Nasional 2024, Disparbud Jabar Persiapkan Event Besar

Jumlah libur nasional 2024 lebih banyak dibanding 2023

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat tengah mempersiapkan event besar untuk menyambut hari libur nasional dan cuti bersama 2024. Sejumlah perbaikan objek wisata juga kini tengah diperbaiki.

Hari libur nasional dan cuti bersama 2024 sendiri akan lebih banyak dibandingkan 2023. Hal itu diketahui berdasarkan terbitnya surat keputusan bersama (SKB) Tiga Menteri. Pada tahun depan ada sebanyak 17 hari dan cuti bersama sebanyak 10 hari.

Sedangkan, hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2023 hanya 24 hari, yang terdiri dari libur nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama sebanyak delapan hari.

1. Disparbud Jabar ingin pertahankan kunjungan wisata

Banyak Libur Nasional 2024, Disparbud Jabar Persiapkan Event BesarFoto Gedung Merdeka Kota Bandung (unsplash.com/Ivan Andriavani)

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, libur nasional dan cuti bersama 2024 harus dimanfaatkan terutama untuk mengejar tren kunjungan wisatawan ke Jabar seperti 2022 lalu yang mencapai 74 juta wisatawan ke Jabar selama 2022 lalu.

"Kami ingin mempertahankan kunjungan wisatawan ke Jabar yang mencapai 74 juta pada tahun 2022 lalu. Makanya dari sekarang kita kejar mencari dan mengembangkan destinasi wisata yang baru atau mengembangkan atraksi yang sudah ada," ujar Benny, Sabtu (23/10/2023).

Dalam waktu dekat, Benny menjelaskan, Disparbud akan segera melakukan diskusi dengan penyelenggara pariwisata, termasuk mengembangkan destinasi wisata di wilayah Cirebon Raya dan Jabar Selatan.

"Nanti akan ada event di libur nasional. Akhir bulan ini kami akan survey, terkait lokasi mana yang bisa jadi tempat pelaksanaan event," ucapnya.

2. Tahun ini wisata Jabar mengalami penurunan kunjungan

Banyak Libur Nasional 2024, Disparbud Jabar Persiapkan Event BesarIlustrasi wisata agro (unsplash.com/Levi Ari Pronk)

Sementara terkait dengan target mempertahankan kunjungan wisata seperti di tahun 2022, Benny menerangkan pada tahun 2022 ketika akses penerbangan belum begitu normal, wisatawan lebih banyak memilih objek wisata yang dapat ditempuh dengan perjalanan darat. Pilihannya adalah di Jabar. Dengan demikian, kunjungan wisata di Jabar melonjak 210 persen.

"Nah tahun 2023 kami belum menghitungnya, tapi sepertinya ada penurunan seiring dibukanya kembali jalur penerbangan seperti ke Bali ke NTB, misalnya," kata dia.

3. Disparbud Jabar akan berkoordinasi dengan swasta

Banyak Libur Nasional 2024, Disparbud Jabar Persiapkan Event BesarIlustrasi pariwisata (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski demikian, pemerintag enggan pesimistis. Mereka terus menggenjot potensi-potensi pariwisata Jabar dengan memacu diri untuk menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan.

"Kami gandeng investor maupun pelaku pariwisata untuk sama-sama mengembangkan wisata di Jabar karena dunia pariwisata ini tidak bisa monoton. Setidaknya tiga bulan sekali ada yang baru seperti Bali, Yogya, pasti saja ada yang baru, ada perubahan," ucapnya.

Benny menyebut, wisata di Jabar yang baru-baru ini mencuri perhatian salah satunya ialah Thr Lodge di Bandung Barat yang kerap membuat atraksi baru sehingga pengunjungnya tidak pernah sepi.

Baca Juga: Disparbud Jabar Dorong Pengembangan 18 Desa Wisata

Baca Juga: Disparbud Jabar Fokus Kembangkan Desa Wisata di 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya