Disparbud Jabar Fokus Kembangkan Desa Wisata di 2023

Disparbud bakal minta masukan diaspora Australia

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) akan berfokus mengembangkan desa wisata di 2023. Desa wisata sendiri diklaim bisa lebih menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke Jabar.

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, desa wisata berpotensi mendatangkan wisatawan asing ke Jabar. Fokus pembangunan desa wisata juga sejalan dengan Perda yang sudah ada.

"Karena ini (desa wisata) bisa menarik para wisatawan dan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Jadi ini yang sedang kami godok terus apalagi sudah keluar Perda (peratuan daerah) mengenai desa wisata. Jadi ini sedang kami kuatkan di Jabar saat ini," ujarnya, saat dikonfirmasi, Selasa (3/1/2022).

1. Diaspora bakal digandeng untuk meminta masukan

Disparbud Jabar Fokus Kembangkan Desa Wisata di 2023Benny Bachtiar (Istimewa)

Pembentukan desa wisata nantinya akan meminta masukan dari diaspora Indonesia yang berada di Australia untuk berbicara mengenai kebutuhan yang harus disediakan oleh Jabar. Sebab, diasporalah yang mengerti kebutuhan wisatawan asing.

"Mereka itu (diaspora) biasanya membawa turis ke Indonesia tapi tidak ke Jabar karena Jabar dianggap belum siap, padahal turis berduit inilah yang dibawa oleh diaspora ini," ucapnya. 

2. Semua masukan untuk desa wisata akan difasilitasi Pemprov Jabar

Disparbud Jabar Fokus Kembangkan Desa Wisata di 2023IDN Times/Istimewa

Wisatawan asing sendiri kini banyak mendatangi wilayah luar Jabar. Dengan adanya desa wisata, harapannya ada opsi untuk wisatawan asing mampir ke wilayah Jabar. Sehingga, desa wisata ini menjadi hal yang paling penting dan akan difokuskan di 2023.

"Karena sampai saat ini kita (Jabar) belum bisa memberikan sebuah destinasi wisata yang dimintai oleh wisatawan mancanegara. Tapi kita sedang berupaya hari ini bagaimana bisa menarik wisatawan lokal atau asing. Jadi kita sedang menggodok lagi," katanya.

3. Jabar fokus tarik wisata asing di 2023

Disparbud Jabar Fokus Kembangkan Desa Wisata di 2023IDN Times/Istimewa

Dengan strategi desa wisata, Benny berharap nantinya Jabar memiliki banyak objek wisata yang bisa dipromosikan untuk mendatangkan wisatawan, mulai dari pantai pegunungan hingaa desa wisata itu sendiri.

"Makanya kita saat ini sedang berupaya menggeser turis yang berduit ini datang ke Jabar. Dan insya Allah kami akan mengundang diaspora tersebut untuk berbicara apa saja infrastruktur yang dibutuhkan atau menjadi daya tarik bagi wisatawan asing (ke Jabar)," kata dia.

Baca Juga: Disparbud Kenalkan Bandara Kertajati Sebagai Gerbang Wisata Jabar

Baca Juga: Disparbud Jabar Dukung Masjid Al Jabbar Sebagai Wisata Religi Baru

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya