Area Pemakaman COVID-19 Kota Bandung Amblas

Kepala UPT pemakaman anggap kondisi ini hal biasa

Bandung, IDN Times - Tempat Pemakaman Umum (TPU) COVID-19 Blok E2, di Cikadut  Kota Bandung amblas. Hal ini diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Bandung sejak Rabu (10/11/2021).

Sumpena, Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3, Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung mengatakan, selain amblas karena intensitas hujan yang tinggi, kualitas peti yang digunakan dinilainya mudah rapuh.

"Di mana pun, pemakaman yang tadinya musim kemarau dan sekarang masuk musim hujan, itu pasti amblas. Apalagi di Cikadut, pakai peti dan kualitas enggak bagus, jadi cepat rapuh dan tanahnya amblas," ujar Sumpena, Kamis (11/11/2021).

1. Pengurugan tanah menggunakan alat berat turut menjadi faktor

Area Pemakaman COVID-19 Kota Bandung AmblasIstimewa

Penggunaan alat berat beko pada saat pengurukan makam COVID-19 di TPU Cikadut juga dikatakannya turut berpengaruh terhadap amblasnya makam di Blok E2 itu. Menurutnya, ada banyak faktor yang saling berkaitan.

"Terus, ketika pemakamannya kurang padat, dikeruk dan diuruknya pakai Beko, enggak manual," ucapnya.

2. Kondisi ini dianggap normal

Area Pemakaman COVID-19 Kota Bandung AmblasGubernur Jabar Ridwan Kamil mendatangi TPU khusus COVID di Cikadut. IDN Times/Istimewa

Kondisi makam amblas itu saat ini sudah ditangani dengan memadatkan makam dan meratakan area tanah yang amblas. Langkah itu menurutnya dilakukan sebagai upaya cepat dari pengelola makam.

"Itu normal, biasa terjadi. Tidak seperti di TPU Cikutra yang sampai dipindahkan jenazahnya. Jadi jangan khawatir ahli warisnya," ucapnya.

3. Peti dianggap rapuh hingga mengakibatkan amblas

Area Pemakaman COVID-19 Kota Bandung AmblasPemakaman jenazah pasien COVID-19 di TPU Cikadut meningkat. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sumpena membantah bahwa hal ini merupakan peristiwa dari bencana longsor. Ia mengatakan, ini murni amblas karena hujan dan faktor pengurugan tanah saat awal pemakaman berlangsung.

"Jadi, ini bukan longsor seperti di Cikutra, ambles ini karena pakai peti dan petinya rapuh," kata dia.

Baca Juga: Walkot Oded Irit Bicara Ditanya Tunggakan Gaji Kuli Pikul TPU Cikadut

Baca Juga: Gaji Telat, Petugas Pikul TPU Cikadut Khusus COVID-19 Mogok Kerja

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya