Anas Urbaningrum Resmi Bebas Murni: Saya Kembali Merdeka! 

Anas Urbaningrum bebas murni setelah sebelumnya jalani CMB

Bandung, IDN Times - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum resmi bebas secara murni dari hukuman tindak pidana korupsi. Anas dinyatakan bebas murni setelah sebelumnya menjalani Cuti Menjelang Bebas (CMB) pada Selasa (11/4/2023).

Kasi Bimbingan Klien Dewasa Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Bandung, Budiana mengatakan, Anas Urbaningrum kini sudah secara resmi dinyatakan bebas kembali ke masyarakat.

"Saya sampaikan pada kesempatan ini perlu kami informasikan pada hari ini tinggal 10 Juni 2023 Pak Anas mengambil surat cuti menjelang bebas beliau berakhir tanggal 9 karena kemarin hari minggu maka pemberian surat ini hari ini," ujar Budiana, Senin (10/7/2023).

1. Anas tidak melakukan pelanggan selama CMB

Anas Urbaningrum Resmi Bebas Murni: Saya Kembali Merdeka! Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (IDN Times/Santi Dewi)

Selama menjalani CMB, Anas Urbaningrum dipastikannya tidak pernah melanggar aturan. Sehingga, surat bebas diserahkan dan sudah dinyatakan bebas secara penuh. Anas dikatakannya sudah kembali menjadi masyarakat dengan hak-haknya.

"Selama beliau menjalani CMB selama tiga bulan, beliau melakukan wajib lapor ke Bapas dua minggu sekali, jadi total 6 kali dan selama menjalani CMB sesuai dengan ketentuan berlaku tidak pernah melanggar CMB sehingga beliau berhak mendapatkan surat," katanya.

2. Anas Urbaningrum ucap merdeka

Anas Urbaningrum Resmi Bebas Murni: Saya Kembali Merdeka! Anas Urbaningrum (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sedangkan, Anas Urbaningrum mengatakan, surat yang diberikan Bapas Kelas I Bandung merupakan bukti dirinya kini penuh kembali menjadi masyarakat. Dia juga akan melakukan aktivitas lainnya seperti warga negara Indonesia pada umumnya.

"Tiga bulan lalu bebas sementara, lewat CMB hari ini sepenuhnya, dengan bebas sepenuhnya insyaallah langkah saya tidak ada beban tidak ada hambatan lagi sertifikat ini saya bebas jadi orang merdeka," katanya.

3. Anas Urbaningrum bakal terjun ke politik

Anas Urbaningrum Resmi Bebas Murni: Saya Kembali Merdeka! Anas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Anas menjelaskan, ada dua tugas yang akan dilakukan setelah bebas murni. Pertama tugas pribadi dan kedua tugas publik. Tugas pribadi sendiri dirinya akan kembali menjadi bapak rumah tangga dan memenuhi hak-hak tersebut. Untuk tugas publik dirinya dipastikan akan turut serta kembali dalam dunia politik di Indonesia.

"Politik mau tidak mau insyaallah akan diikuti nanti persisnya seperti apa lihat aja tapi insyaallah komunitas saya politik, ibaratnya kolam saya politik insyaallah akan masuk ke kolam itu lagi seperti apa tunggu saja tidak boleh disampaikan di bapas," kata dia.

Baca Juga: Anas Urbaningrum Temui Akbar Tanjung di Kediaman, Ini yang Dibahas

Baca Juga: Belum Bebas Murni, Anas Urbaningrum Diminta Tak Bikin Gaduh!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya