Aktivasi BIJB Kertajati Diharapkan Bangkitkan Wisata Pantura

Disparbud Jawa Barat fokus pariwisata di wilayah Pantura

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat berharap sektor pariwisata di wilayah Pantura bisa makin bangkit usai pemerintah pusat mengaktivasi kembali Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Kepala Disparbud Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan, akan ada beberapa maskapai yang dijadwalkan mendarat di Kertajati pada akhir Oktober 2022. Hal itu menjadi peluang besar untuk menggerakkan potensi wisata, budaya, hingga ekonomi kreatif di wilayah Cirebon Raya.

"Fokus kami adalah wilayah Cirebon Raya dan Kota Cirebon sebagai pusatnya. Insyaallah awal November ini akan ada trip wartawan mancanegara untuk menerapkan travel pattern di kawasan Cirebon Raya," ujar Benny, Kamis (5/10/2023).

1. Aktivasi BIJB Kertajati harus disikapi

Aktivasi BIJB Kertajati Diharapkan Bangkitkan Wisata Panturahttps://papaya.idntimes.com/posts/regional/create

Benny menjelaskan, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menginginkan adanya event yang digelar secara berkelanjutan di sana. Sebab hal itu akan mendorong para wisatawan datang ke wilayah Jawa Barat, khususnya Pantura.

"Ini perlu disikapi dan diantisipasi dengan baik. Juga untuk industri kreatif, tentunya butuh support dari kota maupun wilayah lain di sekitar Kota Cirebon, bagaimana caranya untuk meramaikan kegiatan termasuk atraksi budaya," katanya.

2. Warga harus mendukung kebersihan objek wisata

Aktivasi BIJB Kertajati Diharapkan Bangkitkan Wisata Panturailustrasi Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga mendorong kabupaten kota di wilayah Pantura untuk mempersiapkan infrastruktur yang mantap untuk menyambut para wisatawan. Masyarakat sekitar objek wisata juga harus diberikan edukasi.

"Kita harus menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Sebab keamanan dan kenyamanan menjadi faktor penting bagi wisatawan untuk datang ke suatu tempat," ucapnya.

3. Paling penting dari kebangkitan pariwisata adalah kolaborasi

Aktivasi BIJB Kertajati Diharapkan Bangkitkan Wisata PanturaSuasana peresmian rute baru AirAsia dari Kertajati ke Kuala Lumpur. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih lanjut, Benny mengatakan, demi meningkatkan daya tarik bagi para calon wisatawan, saat ini pemerintah sedang menyusun paket berwisata yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar di Jawa Barat khususnya kawasan Cirebon Raya.

"Kolaborasi antara pemerintah dengan asosiasi dan industri pariwisata di Jawa Barat juga harus dilakukan," kata dia.

Daerah utara Jawa Barat memiliki banyak daya tarik sebagai pilihan berlibur. di antaranya wisata sejarah, budaya, kuliner, hingga industri kreatif yang sangat khas dan beragam.

Baca Juga: Kemnaker Pulangkan 32 Pekerja Migran Hasil Sidak di Bandara Kertajati

Baca Juga: Jelang Pindah dari Bandara Husein, Intip Suasana BIJB Kertajati

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya