Jelang Pindah dari Bandara Husein, Intip Suasana BIJB Kertajati

Belum semua tenant bisa beroperasi

Majalengka, IDN Times- Perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka tinggal 25 hari lagi. Seiring dengan semakin dekatnya waktu perpindahan, manajemen BIJB mengeklaim sudah melakukan berbagai persiapan.

Executive General Manager (EGM) BIJB Nuril Huda mengaku, manajemennya sudah melakukan persiapan tersebut sejak jauh-jauh hari. Persiapan itu sekaligus untuk menjawab 'tantangan' Presiden yang memutuskan penerbangan dari Bandung dipindah ke Majalengka.

"Persiapan yang dilakukan oleh bandara Kertajati, dari awal sampai sekarang. Kami selalu berupaya memberikan layanan terbaik," kata Nuril

1. Cek and recheck rutin dilakukan

Jelang Pindah dari Bandara Husein, Intip Suasana BIJB KertajatiInin Nastain (IDN Times)/ pintu gerbang masuk BIJB

Sebagai bentuk ikhtiar agar persiapan tersebut benar-benar berdampak baik, Nuril menyebutkan, manajemen juga rutin melakukan evaluasi. 

"Sampai saat ini juga selalu check and recheck seluruh fasilitas yang ada di bandara," kata dia.

Dari check and recheck itu, Nuril mengakui ada beberapa yang perlu dilakukan pembenahan. "Ketika ada yang kurang memadai atau kurang layak, segera kami maintenance. Sehingga tanggal 29 sudah siap untuk penerbangan perdana (perpindahan dari Bandung) tersebut," kata dia.

2. Pada 29 Oktober 2023 penerbangan perdana rute Denpasar gemuk

Jelang Pindah dari Bandara Husein, Intip Suasana BIJB KertajatiInin Nastain (IDN Times)/ Sejumlah calon penumpang tujuan Kuala Lumpur dari BIJB bersiap-siap

Pada hari pertama perpindahan, sejumlah penerbangan dari BIJB dipastikan langsung aktif. Ada beberapa daerah tujuan penerbangan yang akan dilayani dari BIJB pada 29 Oktober 2023 mendatang.

"Denpasar pastinya, itu rute yang sangat gemuk. Kalau tidak salah ada empat atau lima flight itu ke Denpasar. Kemudian ada juga ke Batam, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, dan Ujungpandang. Hari selanjutnya mungkin ada penambahan, yaitu ke Palembang," kata dia.

"Mungkin tidak langsung semuanya di tanggal 29 Oktober 2023, tapi secara bertahap mereka mungkin awalannya di tanggal 29. Untuk selanjutnya rute-rute yang sudah sesuai izin rute itu akan diterbangkan melalui Kertajati," lanjut dia.

3. BIJB klaim fasilitas disabilitas memadai

Jelang Pindah dari Bandara Husein, Intip Suasana BIJB KertajatiInin Nastain (IDN Times)/ jajaran troli di penerbangan internasional BIJB

Disinggung terkait fasilitas pendukung, khusunya untuk lansia dan disabilitas, Nuril memastikan BIJB sudah mempersiapkannya. Kesiapan itu, kata dia, bahkan sudah dilakukan sejak musim haji kemarin.

"Fasilitas pendukung terkait kebutuhan disabilitas, kami pastikan sangat siap. Karena saat melayani haji kemarin, kami temanya adalah ramah lansia. Kami berkomitmen untuk tidak membeda-bedakan disabilitas," ungkap dia.

"Begitu turun dari mobil sampai masuk pesawat, kami siapkan untuk pelayanan lansia dan disabilitas. Begitu juga saat mereka ingin ke kamar kecil," lanjut dia

4. Penerbangan Airasia ke Kuala Lumpur hari ini full

Jelang Pindah dari Bandara Husein, Intip Suasana BIJB KertajatiInin Nastain (IDN Times)/ para calon penumpang masuk ruang tunggu BIJB

Sementara itu, Airasia kembali melayani penerbangan dari BIJB Kertajati ke Kuala Lumpur Malaysia, dan sebaliknya, Rabu (4/10/2023). Untuk penerbangan hari ini, tingkat keterisian untuk rute BIJB ke Kuala Lumpur penuh.

"Hari ini, 4 Oktober 2023, tingkat keterisian KJT (Kertajati) ke KUL (Kuala Lumpur) 180 pax, sudah full. Adapun KUL ke KJT sudah 142 pax, atau sekitar 78 persen," kata Head of Indonesia Affairs and Policy Eddy Krismeidi Soemawilaga kepada IDN Times, Minggu (1/10/2023)

5. Belum semua tenant beroperasi

Jelang Pindah dari Bandara Husein, Intip Suasana BIJB KertajatiInin Nastain (IDN Times)/ tenant di lantai dasar BIJB

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, kendati hari ini ada penerbangan, belum semua tenant terlihat beroperasi. Dari beberapa tenant yang ada, hanya sebagian kecil saja yang sudah mulai buka. Pemandangan itu seperti terlihat di lantai dasar.

Di luar itu, fasilitas untuk penumpang berupa troli terlihat sudah disiapkan. Jejeran troli terlihat ditata di lantai tiga, dekat lift. Troli-troli itu disiapkan di bagian pemberangkatan internasional.

Baca Juga: Bye-bye Bandara Husein, 29 Oktober Pesawat Komersil Pindah ke BIJB

Baca Juga: Kemarau, Area BIJB Kertajati Majalengka Kebakaran 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya