40 Persen Calon Jemaah Haji di Jabar Masuk Kategori Lansia

Pelayanan maksimal akan diberikan pada calon jemaah haji

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat (Jabar) menyatakan, sebanyak 40 persen dari 38.723 orang calon jamaah haji pada tahun ini masuk kategori lanjut usia atau lansia.

Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustazam mengatakan, pada gelaran haji 2023 ini Kemang Jabar bersama Pemprov Jabar akan memberikan pelayanan yang maksimal pada calon jemaah.

"Mungkin kami, ke Pak Karo (Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Barat, Barnas Adjidin), pokoknya bareng-bareng lah memberikan yang terbaik," ujar Ajam Mustazam usai membuka Seleksi Calon Petugas Haji Daerah (PHD) Jawa Barat Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Asrama Haji Indramayu, Sabtu (4/3/2023).

1. Asrama haji di Indramayu akan langsung digunakan

40 Persen Calon Jemaah Haji di Jabar Masuk Kategori LansiaIlustrasi jemaah haji (dok. Angkasa Pura I)

Untuk itu, Kemenag Jabar mengusulkan sarana penunjang tambahan seperti ambulans di embarkasi haji kepada Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Barat.

"Kalau kami hanya tersedia dua, maka kita minta bantuan, mau pinjam," ucapnya.

"Kemudian ambulansnya yang bisa melakukan tindakan karena jarak Asrama Haji Indramayu ke Bandara Kertajati lumayan jauh. Kalau ada jamaah haji yang khawatir memerlukan perawatan di perjalanan, kan bisa segera ditangani," lanjut Ajam.

2. Ada 1.935 jamaah haji lansia asal Jabar

40 Persen Calon Jemaah Haji di Jabar Masuk Kategori LansiaIlustrasi jemaah haji. (dok. Angkasa Pura I)

Sebelumnya Menteri Agama sudah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) RI Nomor 189 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1444 H/2023 M, di mana kuota Jawa Barat 38.723 jamaah yang terdiri dari 36.361 jamaah, 1.935 jamaah lansia, 136 pembimbing KBIH, dan 291 petugas haji daerah.

Sementara itu jumlah jamaah haji khusus 17.680 orang, terdiri dari 16.128 jamaah haji tahun berjalan dan 177 jamaah lansia, serta 1.375 petugas haji khusus.

3. Jemaah haji Cirebon akan ikut embarkasi haji Bekasi

40 Persen Calon Jemaah Haji di Jabar Masuk Kategori LansiaIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sementara itu Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Barat Barnas Adjidin memastikan pihaknya mengacu misi "Jabar Juara" dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

"Kami bersama Kanwil Kemenag Jawa Barat akan bahu membahu, memberikan upaya terbaik dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2023," ujarnya.

Barnas menjelaskan tentang alasan mengapa pemerintah ingin melibatkan Asrama Haji Indramayu dan Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka dalam pelaksanaan ibadah haji 2023.

"Karena ini salah satu pelayanan, jangkauan dari kabupaten/kota tidak terlalu jauh. Misalnya Kabupaten Cirebon, itu lumayan jauh kalau harus embarkasi Bekasi, tapi kalau ke Indramayu kan lebih dekat," kata Barnas.

Baca Juga: Penipuan Umrah Murah Bogor, Kemenag Jabar Salahkan Calon Jamaah

Baca Juga: Kemenag Jabar Pastikan Belum Ada Kenaikan Tarif Haji di 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya