25 Ribu Jemaah Haji Bakal Terbang dari BIJB Kertajati di 2024

Kuota pemberangkatan jemaah haji dari BIJB bertambah

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat menyebut kuota pemberangkatan jemaah haji di Bandar Udara Internasional Kertajati (BIJB), Kabupaten Majalengka mengalami penambahan pada 2024.

Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam mengatakan, pada pemberangkatan jemaah haji 2024 asal Jawa Barat besar kemungkinan akan banyak diberangkatkan melalui BIJB Kertajati.

"Untuk penyelenggaraan haji tahun depan insyaallah sebagian besar akan diberangkatkan di Bandara Kertajati. Untuk Jawa Barat kuotanya masih existing tahun kemarin, ditambah dengan para petugas dan pembimbing," kata Ajam, Sabtu (16/12/2023).

1. Penambahan kuota haji BIJB cukup drastis di 2024

25 Ribu Jemaah Haji Bakal Terbang dari BIJB Kertajati di 2024Inin Nastain (IDN Times)/ terminal penumpang BIJB

Ajam menjelaskan, BIJB Kertajati akan memberangkatkan sekitar 20 sampai 25 kuota jemaah haji di tahun depan. Adapun pada periode pertama pemberangkatan haji di Bandara terbesar di Jabar ini adalah sekitar 11 ribu kuota.

"(Tahun 2024) iya bertambah, Jawa Barat kemarin (2023) kan 11.000, sekarang (direncanakan) 20-25 ribu jamaah berangkat," katanya.

2. Kemenag Jabar belum terima SK penambahan kuota keseluruhan jemaah haji 2024

25 Ribu Jemaah Haji Bakal Terbang dari BIJB Kertajati di 2024Inin Nastain/ BIJB Kertajati

Lebih lanjut, Ajam menambahkan, kuota keseluruhan jemaah haji asal Jabar nantinya masih menggunakan perhitungan tahun 2023, yakni sebesar 36.800 lebih. Ditambah petugas dan pembimbing, jika terjadi penambahan maka akan mencapai 40 ribu orang dengan disertai petugas pendamping haji.

"Informasi bahwa Indonesia mendapatkan tambahan, sejauh ini SK penambahan kuota untuk Jawa Barat belum kami terima, tapi pasti ada tambahan," kata Ajam.

3. Pemprov Jabar juga pastikan ada penambahan kuota

25 Ribu Jemaah Haji Bakal Terbang dari BIJB Kertajati di 2024Inin Nastain/ BIJB Kertajati Majalengka

Sementara itu Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman mengatakan, dengan sudah beroperasi penuh BIJB Kertajati, maka kuota calon jemaah haji yang akan berangkat dari bandara itu juga mengalami peningkatan.

"Jumlah jemaah haji yang diberangkatkan dari asrama haji Indramayu dan yang nantinya dipastikan berangkat dari BIJB Kertajati meningkat, mungkin di atas 39 ribuan jemaah haji," ujar Faiz saat ditemui, Selasa (31/10/2023).

Calon jemaah haji dari kabupaten kota yang akan berangkat dari BIJB pada tahun depan juga akan mengalami peningkatan dari sebelumnya. Adapun pada 2023 calon jemaah haji yang berangkat dari Kertajati hanya untuk wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning), Subang, Sumedang.

"Jadi nanti yang di area Barat masuk ke Asrama Haji Bekasi atau Pondok Indah, yang di area Priangan atau timur dan Utara Jabar ini dari asrama haji Indramayu, dan bandaranya BIJB Kertajati. Potensinya ini area Jawa Tengah dan sekitarnya seperti Tegal, itu bisa juga," katanya.

Baca Juga: Kemenag Beri Penghargaan Polda Metro dan Jabar, Tangani Haji-Umrah

Baca Juga: Bey Sudah Kantongi Surat Usulan Pergantian Nama Bandara BIJB Kertajati

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya