23.100 Dosis Vaksin COVID-19 Disebar ke Seluruh Daerah di Jabar

Dinkes Jabar siap berikan tambahan dosis vaksin

Bandung, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mendistribusikan vaksin COVID-19 ke seluruh provinsi di Indonesia. Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapatkan alokasi 23.100 vaksin di akhir 2024.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Vini Adiani Dewi mengatakan, pemerintah provinsi juga sudah menyebarkan vaksin COVID-19 ke seluruh kabupaten dan kota pada beberapa waktu kemarin. Pendistribusian juga berdasarkan permintaan.

"Jadi kemarin itu kami sudah menyebarkan 23.100 dosis vaksin COVID-19 sesuai permintaan kota/kabupaten," ujar Vini melalui sambungan telepon, Rabu (27/12/2023).

1. Dinkes Jabar pastikan dosis vaksin mencukupi

23.100 Dosis Vaksin COVID-19 Disebar ke Seluruh Daerah di Jabarilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski sudah didistribusikan, Vini mempersilahkan pemerintah kabupaten dan kota mengusulkan jika masih ada kekurangan. Mengingat, saat ini kebutuhan vaksin di Provinsi Jawa Barat cukup memadai.

"Kami masih membuka lagi link untuk kabupaten/kota jika hendak meminta lagi. Apalagi saat ini di beberapa rest area ternyata ada juga di posko-posko yang melaksanakan vaksinasi," katanya

2. Masyarakat tidak harus datang ke puskesmas

23.100 Dosis Vaksin COVID-19 Disebar ke Seluruh Daerah di JabarIlustrasi Vaksin. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan kondisi tidak ada pembatasan sosial seperti saat ini, Vini mengimbau pada masyarakat agar bisa memanfaatkan vaksinasi COVID-19 tidak hanya di puskesmas. Menurut dia, kini sudah banyak lokasi yang menyediakan vaksinasi COVID-19 secara gratis.

"Jadi tidak hanya di Puskesmas tapi juga di pos kesehatan, contohnya di KM 57 itu ada pelaksanaan vaksinasi COVID-19," kata dia. 

3. Pemkot Bandung terima 7.000 dosis vaksin

23.100 Dosis Vaksin COVID-19 Disebar ke Seluruh Daerah di Jabarilustrasi vaksin rabies. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu Kepala Dinkes Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan, pemerintah sudah menerima 7.000 dosis vaksin COVID-19 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Adapun jenis vaksin sendiri ada dari IndoVac dan InaVac.

"Alhamdulillah kami menerima kiriman 7.000 dosis vaksin, rencananya ini akan kami sebar ke 80 puskesmas dan fasilitas kesehatan yang meminta, ada rumah sakit, ada juga klinik yang meminta akan kami kasih sesuai dengan anjuran Kemenkes," ujar Anhar saat dihubungi, Rabu (27/12/2023).

Anhar mengungkapkan, pemberian vaksin ini nantinya diberikan pada tenaga kesehatan, dan masyarakat yang belum melakukan booster ketiga. Dinkes Kota Banding memastikan, vaksinasi diberikan untuk seluruh masyarakat.

"Kami rencananya akan berikan ke Nakes yang belum, kemudian lansia, komorbid dan masyarakat umum, termasuk yang ingin mendapatkan booster ketiga. Jadi kami akan buka saja," katanya.

Baca Juga: 3 Nama Calon Sekda Pemprov Jabar Resmi Diserahkan Kemendagri

Baca Juga: Dinkes Kota Bakal Sebar 7.000 Dosis Vaksin COVID-19 ke 80 Faskes

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya