117 Pegawai Positif Corona, Pemkot Bandung Belum Mau Lockdown! 

Wali Kota pilih kaji PSBB dan AKB

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung mengaku tidak akan melakukan kunci tara atau lockdown pasca 117 pegawai di lingkungan Pemkot Bandung positif COVID-19 usai uji usap atau Swab test secara masif sejak 27 Agustus 2020.

Pemerintah Kota Bandung akan terlebih dahulu mengkaji kebijaksan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk diterapkan pasca kejadian tersebut.

"Pemkot langsung pelayanan ke masyarakat, tidak semata-mata langsung lockdown (Balai Kota), gak. Saya sedang kaji (dan) akan berikan kebijakan. Ya, sekarang paling WFH," ujar Oded di Bandung, Selasa (8/9/2020).

1. Akan ada pembahasan status Kota Bandung pasca ratusan pegawai positif

117 Pegawai Positif Corona, Pemkot Bandung Belum Mau Lockdown! IDN Times/Humas Bandung

Oded menuturkan, keputusan mengkaji status daerah pasca ratusan pegawai dinyatakan positif corona, merupakan langkah tepat untuk saat ini. Ia juga mengaku akan mengkaji relaksasi beberapa sektor yang sebelumnya sudah diizinkan.

"(PSBB) nanti lihat perkembangannya, (relaksasi) insyallah nanti dibahas," ungkapnya.

2. Relaksasi beberapa sektor akan dievaluasi

117 Pegawai Positif Corona, Pemkot Bandung Belum Mau Lockdown! (Wali Kota Bandung Oded M Danial) IDN Times/Humas Bandung

Adapun hasil positif ratusan pegawai tersebut merupakan risiko dan untuk mempetakan penyebaran virus corona di Kota Bandung. Adapun saat ini penanganan juga sudah dilakukan pemerintah pada pegawai yang dinyatakan positif.

"Saya ngobrol dengan ketua dewan dan forkopimda, selain melakukan penanganan langsung dalam waktu dekat, jangka panjang akan evaluasi," katanya.

3. Seluruh kantor di Pemkot Bandung sudah disemprot disinfektan

117 Pegawai Positif Corona, Pemkot Bandung Belum Mau Lockdown! (Oded M. Danial saat ditanya KPK di Sahabara Kota Bandung) IDN Times

Untuk pegawai yang dinyatakan positif saat ini juga masih diminta melakukan isolasi secara mandiri. Untuk pekerjaan, Pemkot Bandung akan melakukan koordinasi dan akan menentukan seperti apa sistem kerjanya.

"Seluruh kantor di Pemkot Bandung sudah diminta disemprot disinfektan, nanti saya akan mengkaji perlu WFH atau gimana," kata dia.

4. Akan ada hasil swab tambahan pada sore ini

117 Pegawai Positif Corona, Pemkot Bandung Belum Mau Lockdown! lanacion.cl

Kemudian, Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, dalam waktu dekat ini akan ada hasil dari swab test dari pegawai di 62 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang sebelumnya sudah di tes.

"Insyallah hasil sore, apakah ada penambahan atau tidak. Selama ini belum ada laporan yang positif (keluarga), ada yang mau selesai (isolasi mandiri)," kata dia.

Baca Juga: Swab Massal, 117 Pegawai Pemkot Bandung Positif COVID-19

Baca Juga: Duh Euy! 117 Pegawai Pemkot Bandung Positif COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya