1.078 Karyawan Hotel Terdampak Pandemi di Kota Bandung Dapat Bansos

Bansos diberikan langsung dari Kemensos RI

Bandung, IDN Times - Kementerian Sosial (Kemensos) Indonesia berikan bantuan sosial (Bansos) pada 1.078 karyawan di 35 hotel terdampak pandemi COVID-19 di Kota Bandung, Jumat (23/10/2020). Bantuan ini merupakan tahap ke dua setelah sebelumnya diberikan pada karyawan hotel di DKI Jakarta.

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemensos, Grace Batubara menuturkan, Bansos diberikan untuk karyawan hotel yang terdampak selama pandemik. Adapun sejumlah 1.536 paket bantuan sembako sebelumnya telah di salurkan pada karyawan di 32 hotel di DKI Jakarta.

"Kali ini tahap kedua di Kota Bandung. Semoga dapat membantu meringankan beban selama pandemi," kata Grace Batubara dalam keterangan resminya, Jumat (23/10/2020).

1. Sektor pariwisata dinilai paling banyak terkena imbas pandemik

1.078 Karyawan Hotel Terdampak Pandemi di Kota Bandung Dapat BansosIlustrasi beras (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Ia menerangkan, kondisi normal industri pariwisata sangat mendorong pemasukan negara melalui devisa. Namun dengan kondisi pandemik saat ini sektor pariwisata sangat terdampk. Adapun wilayah Jawa Barat dirasakannya paling banyak terkena imbasnya.

"Sektor pariwisata saat ini paling banyak terkena dampak pandemik, di sisi lain, pariwisata sudah banyak berikan kontribusi," ungkapnya.

2. Hotel di Jabar paling banyak kurangi karyawan selama pandemik

1.078 Karyawan Hotel Terdampak Pandemi di Kota Bandung Dapat BansosInstagram

Menurut grace, berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), sejak April ribuan hotel berhenti beroperasi di 31 provinsi di Indonesia. Wilayah Jawa Barat berada di urutan paling pertama.

"Tercatat empat provinsi dengan jumlah hotel terbanyak yang menghentikan operasionalnya antara lain Jawa Barat, kemudian Bali, diikuti Jawa Timur, dan juga DKI Jakarta," jelasnya.

3. Karyawan hotel di Kota Bandung akui terkena pengurangan gaji selama pandemik

1.078 Karyawan Hotel Terdampak Pandemi di Kota Bandung Dapat BansosPegipegi.com

Di tempat sama, seorang karyawan Kitchen di salah satu hotel di Kota Bandung, Alfi (29) mengatakan, kondisi pandemik membuatnya tidak bekerja maksimal. Kantor tempatnya bekerja melakukan pengurangan jam kerja dan pengurangan upah.

"Karena jam kerja dikurangi, gaji saya juga dikurangi 50% selama pandemi. Ada yang dikurangi 30% bahkan 70%. Selain itu, karena ada pengurangan karyawan," kata Alfi.

4. Ada karyawan hotel di Kota Bandung yang bekerja hanya dua minggu selama satu bulan

1.078 Karyawan Hotel Terdampak Pandemi di Kota Bandung Dapat BansosIlustrasi hotel di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain Alfi, seorang resepsionis di salah satu hotel di Kota Bandung, Sansan (29) menambahkan, pengurangan karyawan menurut dia karena dampak dari menurunnya okupansi hotel di Jabar. Adapun saat ini hampir semua hotel terdampak corona.

"Dampaknya kemudian ke materil ya. Sebulan biasanya ada 25 hari kerja, sekarang jadi dua minggu kerja saja. Tentunya gaji juga dikurangi," kata dia.

Baca Juga: Terbakar Cemburu, Pria Kabupaten Bandung Nekat Tikam Istri Siri

Baca Juga: Waspada La Nina, Wawakil Bandung Minta Mitigasi Bencana Diperketat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya