Siap PTM, 2.300 Mahasiswa Telkom University Divaksin COVID-19

Dilakukan bertahap, baru 8 persen dari 30.000 mahasiswa

Kabupaten Bandung, IDN Times - Menjelang pelaksanaan pendidikan tatap muka (PTM) yang telah di wacanakan pemerintah pusat pada 21 Juli 2021, Telkom University melaksanakan vaksinasi tehadap 2.300 mahasiswanya.

Rektor Telkom University Adiwijaya mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan di Telkom University merupakan vaksinasi ketiga kalinya, namun khusus untuk mahasiswa merupakah hal yang pertama dilakukannya.

"Hari ini sudah dilaksanakan proses vaksinasi COVID-19, ini sudah ketiga kali di Telkom University. Sebelumnya sasaran vaksinasinya adalah dosen dan pegawai kampus Telkom University.Tapi, ini untuk mahasiswa ini merupakan yang pertama kali, ada 2.300 mahasiswa yang ikut gabung dalam pelaksanaan vaksinasi ini," ujar Rektor Telkom University Adiwijaya, kepada wartawan di Gedung Manterawu Telkom University, Senin (21/06/2021).

1. Sebanyak 2.300 yang di vaksin baru 8 persen dari total 30.000 mahasiswa Tel-U

Siap PTM, 2.300 Mahasiswa Telkom University Divaksin COVID-19IDN Times/Aris Darussalam

Pelaksanaan vaksinasi tersebut, merupakan hasil kerjasama antara Telkom University dengan Polda Jawa Barat dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (UNPAD) angkatan tahun 1984.

Dia mengatakan, sejumlah 2.300 mahasiswa tersebut baru 8 persen dari jumlah total 30.000 mahasiswa yang akan menjadi sasaran vaksinasi. Hal tersebut, selain karena jumlah vaksin yang terbatas, letak domisili mahasiswa pun menjadi salah satu hambatannya.

"Namun demikian itu masih 8 persen, karena seluruhnya ada 30.000 mahasiswa. Problemnya adalah karena mahasiswa kita tersebar di seleuruh provinsi, jadi insyallah untuk yang di Jawa Barat sudah dilakukan," kata Adiwijaya.

2. Tahap lanjutan sebaran vaksinasi bagi mahasiswa akan tetap dilakukan

Siap PTM, 2.300 Mahasiswa Telkom University Divaksin COVID-19IDN Times/Aris Darussalam

Untuk tahap lanjutan sebaran vaksinasi bagi mahasiswa lainnya, Adiwijaya mengatakan, akan melakukan koordinasi kembali dengan pihak Polda yang lain, sehingga dapat disisipkan seluruh mahasiswa Telkom University ikut vaksinasi.

"Insyallah akan ada lagi, karena mahasiswa kami di Jawa Barat hampir 40 persen. Jadi artinya ada sekitar 12.000 mahasiswa," kata Adiwijaya.

3. Merencanakan adanya pembelajaran hybrid di semester depan

Siap PTM, 2.300 Mahasiswa Telkom University Divaksin COVID-19IDN Times/Aris Darussalam

Mengenai rencana pelaksanaan PTM pada bulan Juli mendatang, Adiwijaya mengatakan, bahwa Telkom University sudah merencanakan adanya pembelajaran hybrid atau tidak seluruhnya mahasiswa hadir.

"Jadi untuk semester depan kita sudah merencanakan adanya pembelajaran tatap muka yang hybrid tidak seluruhnya yang hadir, tapi mereka yang praktikum, tugas akhir di dahulukan," tutur Adiwijaya.

Namun dirinya pun akan tetap kita melihat kondisi dilapangan, seperti halnya saat ini di Kabupaten Bandung yang tengah naiknya kasusi sebaran COVID-19 secara signifikan.

"Dan kita tetap antisipasi, nomor satunya kesehatan bagi seluruh civitas," kata Adiwijaya.

4. Vaksinasi diharapkan terbentuk herd immunity

Siap PTM, 2.300 Mahasiswa Telkom University Divaksin COVID-19IDN Times/Aris Darussalam

Dirinya pun berharap, dengan adanya pelaksanaan vaksinasi bagi mahasiswa Telkom University, Adiwijaya mengatakan, dapat terbentuk herd immunity.

"Tentunya dengan vaksinasi ini kami memiliki harapan, akan terbentuknya herd immunity, sehingga Insyallah COVID-19 tidak terlalu mempengaruhi proses pembelajaran dan ekonomi," ujar Adiwijaya.

Selain itu, pihaknya pun ingin memberikan kepercayaan diri supaya tidak khawatir ketika masa perkuliahan dimulai.

Baca Juga: Kejar Herd Immunity, Masyarakat Jabar  Bakal Divaksin COVID-19

Baca Juga: Genjot Vaksinasi COVID-19, Dinkes Bandung Bakal Manfaatkan Puskesmas 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya