Nataru di Kab. Bandung, 1.207 Aparat Diturunkan

Cek vaksin juga akan dilakukan, masyarakat tetap di rumahnya

Kabupaten Bandung, IDN Times - Jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bersama TNI-Polri menggelar Operasi Lilin Lodaya Tahun 2021. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama sepuluh hari, yakni dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, sebanyak 1.207 personel gabungan yang terdiri dari 735 Polri, 95 TNI dan 377 unsur perangkat daerah (PD) terlibat telah disiagakan untuk melakukan pengamanan di wilayah Kabupaten Bandung.
 
“Personel gabungan ini akan mengisi pos-pos pengamanan dan pelayanan, dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat saat perayaan natal dan pergantian tahun,” ujar Dadang Supriatna, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2021 di Dome Balerame, Soreang, pada Kamis (23/12/2021).

1. Pengecekan vaksin akan dilakukan bagi masyarakat yang masuk ke Kabupaten Bandung

Nataru di Kab. Bandung, 1.207 Aparat DiturunkanSumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Dadang mengatakan, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah tenaga kesehatan (nakes) untuk ikut bersiaga di beberapa titik lokasi yang telah ditentukan oleh Polresta Bandung.

Hal tersebut dilakukan khusus untuk melakukan pengecekan ulang terhadap masyarakat yang hendak masuk ke Kabupaten Bandung, apakah sudah mengikuti vaksinasi atau belum.
 
“Bagi masyarakat yang hendak masuk ke Kabupaten Bandung akan dilakukan pengecekan vaksin di PeduliLindungi. Jika belum terdaftar, akan dilakukan vaksinasi oleh petugas,” tutur Dadang Supriatna.

2. Meski wisata tetap buka masyarakat diimbau tetap di rumah, seluruh alun-alun akan ditutup

Nataru di Kab. Bandung, 1.207 Aparat DiturunkanSumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Meski objek wisata di Kabupaten Bandung tetap buka selama nataru, namun Dadang Supriatna mengimbau kepada masyarakat untuk merayakan natal dan melewati malam pergantian tahun secara sederhana di rumah.
 
Sementara untuk mencegah kerumunan masyarakat, Dadang Supriatna mengatakan, sebagai tindak lanjut dari Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru selama nataru Pemkab Bandung akan menutup seluruh alun-alun pada 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.
 
“Memang ada ketentuan tempat wisata boleh buka, namun bagi masyarakat yang sudah di-vaksin dan kapasitasnya pun dibatasi, tidak lebih dari 70 persen. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah, kalau pun mau ke tempat wisata lebih baik domestik,” kata Dadang.

3. Fasilitas kesehatan akan disediakan pula di beberapa titik pos operasi lilin

Nataru di Kab. Bandung, 1.207 Aparat DiturunkanIlustrasi vaksinasi COVID-19. IDN Times/Aris Darussalam

Pada kesempatan yang sama, Kapolresta Bandung Hendra Kurniawan mengatakan bahwa gelaran Operasi Lilin Lodaya merupakan langkah preventif dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas.

Selain itu ia membenarkan, bahwa beberapa titik yang telah ditentukan akan dilakukan pengecekan vaksinasi masyarakat secara random. Apabila ada masyarakat yang belum di-vaksin, pihaknya beserta Pemkab Bandung telah menyiapkan fasilitas kesehatan guna vaksinasi ditempat tersebut.

“Namun, akan tetap ada pengecekan random untuk sampel terkait dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Jadi kalau belum terdaftar, kami telah menyiapkan faskes (fasilitas kesehatan) yang buka 24 jam, termasuk Sabtu dan Minggu tetap buka", tutur Hendra.

4. Masyarakat diminta kerja sama guna ciptakan kondisi kondusif, selain itu ribuan miras pun dimusnahkan

Nataru di Kab. Bandung, 1.207 Aparat DiturunkanIDN Times/Aris Darussalam

Hendra pun mengimbau masyarakat dapat bekerja sama dengan aparat, dengan membatasi mobilitas di luar rumah.

Di sisi lain, usai gelaran apel, terlihat aparat memusnahkan ribuan miras hasil razia dari berbagai daerah di Kabupaten Bandung. “Hari ini juga ada pemusnahan sejumlah miras (minuman keras). Mudah-mudahan malam Natal dan tahun baru ini semuanya dalam keadaan aman dan kondusif,” ujar Hendra Kurniawan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Jamin Perayaan Natal 2021 Berlangsung Aman

Baca Juga: 9 Kegiatan Saat Malam Natal, Indahnya Natal!

Baca Juga: 5 Inspirasi Outfit Pria Bernuansa Natal Tanpa Terkesan Childish

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya