TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tertimpa Reruntuhan Seorang Anak Meninggal Akibat Gempa di Kertasari 

Gempa di daerah ini sudah diprediksi lama

IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Seorang anak berusia 4 tahun meninggal dunia setelah menjadi korban gempa bumi yang mengguncang Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024) . Fauzan meninggal dunia di RSUD Majalaya pada Kamis (19/9/2024) malam, setelah mendapatkan perawatan intensif akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumah yang ambruk saat gempa terjadi.

Fauzan merupakan salah satu dari 23 warga korban gempa Kertasari. Bocah berusia 4 tahun itu sempat mendapatkan perawatan di RSUD Bedas Kertasari, namun kemudian dirujuk ke RSUD Majalaya karena mengalami luka cukup parah di bagian kepala akibat tertimpa reruntuhan bangunan ketika gempa terjadi.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bandung, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini," ujar Bupati Dadang Supriatna melalui siaran pers, Jumat (20/9/2024).

1. Pemkab Bandung terus salurkan bantuan pada korban

Dadang mengungkapkan rasa prihatinnya atas musibah gempa yang menimpa warga Kertasari. Ia berjanji akan terus memantau dan membantu para korban gempa, termasuk memberikan bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak.

"Saya akan terus berupaya untuk meringankan beban para korban gempa, baik dalam bentuk bantuan material maupun bantuan lainnya," kata dia.

2. Tanggap darurat dilakukan selama 14 hari

Banyak masyarakat di Kabupaten Bandung harus mengungsi dari rumahnya karena mengalami rusak setelah terdampak gempa berkekuatan magnitudo 5.0. Akibat gempa tersebut sedikitnya sudah ada 1.100 rumah yang rusak.

Dadang masyarakat agar bisa memanfaatkan tenda darurat untuk sementara waktu. Akan berbahaya jika warga memaksa tinggal di bangunan yang rapuh terlebih ketika ada gempa susulan.

"Kita menyiapkan tempat evakuasi. Saya sarankan bagi warga penduduk di sekitar kalau bisa langsung ke tempat evakuasi yang disediakan oleh tim," kata dia.

Menurutnya, saat ini sejumlah RW pun sudah mempersiapkan tempat evakuasi sementara termasuk BPBD yang membangun tenda untuk penanganan warga terdampak.

Berita Terkini Lainnya