TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polda Jabar Klaim Ada 20 Aparat Terluka karena Demo Kawal Putusan MK

LBH pastikan pendemo lebih banyak alami luka

IDN Times/Debbie Sutrisno

Bandung, IDN Times - Selama aksi tolak revisi RUU Pilkada yang tidak memuat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di depan gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Kamis (22/8/2024) dan Jumat (23/8/2024), puluhan polisi mengalami luka-luka.

Hal ini disampaikan Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast. Menurutnya, ada sekitar 20 petugas kepolisian yang alami luka ketika melakukan pengamanan.

"Petugas kepolisian mengalami luka-luka akibat lemparan batu dan molotof dari demonstran yg berada dijalan raya depan Kantor DPRD Jabar ke arah petugas kepolisian yang berada di dalam gedung DPRD Jabar," Jules Abraham Abast, Senin (26/8/2024).

1. Aparat jaga terus fasilitas negara saat demo berlangsung

Selain puluhan petugas yang terluka, Gedung DPRD Jabar, pun mengalami berbagai kerusakan, di antaranya kaca pecah dan gerbang pagar kantor DPRD Jabar yg roboh akibat dirusak demonstran.

Jules menuturkan, selama pelaksanaan pengamanan demo kemarin, petugas gabungan dari polisi dan TNI serta instansi lainnya, dalam menghadapi demo anarkis tetap bertindak sesuai prosedur.

"Dan (anggota) bertahan di area dalam gedung DPRD Jabar hingga demo berakhir pada malam hari," katanya.

2. LBH sebuat ada 138 peserta aksi luka-luka

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung mencatat ada 138 orang peserta aksi massa tolak Revisi UU Pillada di Kantor DPRD Jawa Barat mengalami luka-luka. Adapun aksi ini digelar selama dua hari 22-23 Agustus 2024.

Direktur LBH Bandung, Heri Pramono mengatakan, data itu didapatkan berdasarkan laporan yang masuk. Sementara, para korban mayoritas mengalami luka baik ringan hingga berat.

"Selama dua hari total ada 138 masuk hotline kami, mayoritas mengalami luka-luka dibanding dengan yang tertangkap oleh kepolisian. Ini peserta aksi massa, ya," ujar Heri, Sabtu (24/8/2024).

Berita Terkini Lainnya