TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Peta Kemenangan Prabowo-Gibran di Jabar Berdasarkan Hasil Pleno KPU 

Prabowo-Gibran kalah di tempat kelahiran Anies Baswedan

RAFIK^^

Bandung, IDN Times - Pasangan presiden nomor urut 02, Prabowo-Gibran Rakabuming meraih suara terbanyak di Jawa Barat pada Pemilu 2024. Pasangan Menteri Pertahanan dan anak Presiden Joko "Jokowi" Widodo ini dinyatakan sebagai pemenang di wilayah Jawa Barat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Ummi Wahyuni mengatakan, pasangan presiden nomor urut 02 menjadi pemenang berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi.

"Pilpres di Jawa Barat dengan partisipasi kurang lebih 28 juta pemilih, unggul untuk paslon 02 disusul 01 dan 03," ujar Ummi usai rapat pleno di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (18/3/2024), malam.

1. Prabowo-Gibran jadi urutan kedua di Kabupaten Kuningan

RAFIK^^

Berdasarkan formulir D Hasil yang diterima IDN Times, pasangan Prabowo-Gibran hanya unggul di 26 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat. Mereka mengalami kekalahan suara di satu kabupaten oleh pasangan Anies-Muhaimin (Amin). Adapun kabupaten ini yaitu Kuningan, yang merupakan tanah kelahiran Anies Baswedan.

Pasangan Amin di Kabupaten Kuningan meraih 310.113 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Gibran memperoleh sebanyak 285.215 suara, dan terakhir pasangan Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 70.812 suara.

2. Perkotaan di Jawa Barat semuanya pilih Prabowo-Gibran

Di wilayah perkotaan di Jawa Barat, pasangan Prabowo-Gibran meraih sura banyak. Dari 9 kota yang ada di Jawa Barat, pasangan nomor urut 02 ini tidak mengalami kekalahan dari pasangan Amin dan Ganjar-Mahfud.

Di Kota Bogor misalnya, pasangan Prabowo-Gibran meraih 341.369 suara, sementara pasangan Amin meraih 253.473 suara, pasangan Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 73.133 suara.

Adapun raihan suara tertinggi Prabowo-Gibran di wilayah perkotaan Jawa Barat ada di Kota Bandung, ada sebanyak 813.925 suara mengalahkan pasangan Amin dengan 546.484 suara, dan Ganjar-Mahfud 188.317 suara.

Berita Terkini Lainnya