TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemudik Kota Bandung Didominasi Tujuan Solo dan Yogyakarta

Mereka banyak pakai program mudik gratis dari Pemprov Jabar

(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Pemudik di Kota Bandung didominasi tujuan Kota Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka memanfaatkan mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pulang ke kampung halamannya agar bisa merayakan Lebaran 2024.

Seorang pemudik yang ditemui IDN Times di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Sabtu (6/4/2024), Sutarno (49 tahun), merasa senang bisa berangkat mudik bersama keluarga dengan gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Program ini sangat membantu. Kalau tiket biasa harganya Rp365 ribu untuk satu orang, kalau tiga bisa satu juta lebih," katanya.

1. Pemprov Jabar siapkan puluhan bus

(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Sekda Jawa Barat, Herman Suryatman mengatakan, kuota mudik gratis di Terminal Cicaheum totalnya ada 2.034 pemudik sebanyak 1.550 difasilitasi oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat, sementara sisanya ada dari berbagai pihak.

"Untuk busnya dari Pemerintah Provinsi kami siapkan 36 bus. Dari Kota Bandung lima bus dan Jasara Harja lima bus, semuanya 46 bus yang akan diberangkatkan dari Terminal Cicahum," katanya.

2. Keselamatan penumpang jadi perhatian

(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Herman memastikan, tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak hanya melepas para pemudik, tapi juga terkait keselamatan pemudik dengan memastikan keamanan bus yang telah disiapkan.

"Kami melakukan cek-ricek terhadap semua sopir yang akan menghantarkan. Sebanyak 46 sopir sekaligus sopir cadangannya kami cek, dan kami pastikan mereka semuanya bebas narkoba. Bebas dari minuman beralkohol, jadi aman," kata dia.

Berita Terkini Lainnya