TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov Jabar Dorong UMKM Ekspor Luar Negeri Melalui Forum Diaspora

Forum Diaspora diharapkan bisa dimanfaatkan UMKM

Ilustrasi Pengusaha/Wirausahawan (IDN Times/Aditya Pratama)

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendorong pelaku UMKM bisa mengekspor produk ke luar negeri. Salah satu cara untuk mewujudkan hal ini dengan kolaborasi bersama forum warga Jawa Barat yang tinggal di luar negeri atau Diaspora.

Kabiro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Barat, Yulia Dewita mengatakan, pelaku usaha harus bisa memanfaatkan perjanjian perdagangan bebas dengan sejumlah mitra, salah satunya Australia. Untuk itu, Pemprov Jabar juga akan mengutamakan untuk UMKM.

"Teman-teman pelaku usaha yang ada di Jawa Barat, yang berminat untuk melakukan ekspor ke luar negeri banyak dapat informasi dari Forum Diaspora ini," ucap Yulia di Gedung Sate, Senin (18/12/2023).

1. UMKM Jabar harus bisa menangkap kebutuhan luar negeri

Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jabar, Rachmat Taufik Garsadi mengatakan, Forum Diaspora memberikan peluang bagi UMKM untuk merangsek pasar global. Apalagi untuk menembus pasar luar negeri tidaklah mudah.

"Kalau Diaspora ini bisa mengirim secara perorangan. Ini kesempatan, teman-teman UMKM bisa belajar terhadap kebutuhan di luar," ujar Rachmat.

2. Penambahan nilai produk UMKM harus terus dilakukan

Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Rachmat berharap, sebelum melakukan ekspor ke luar negeri bersama Forum Diaspora, UMKM Jawa Barat menurutnya harus mampu mengaktualisasi diri dengan meningkatkan kualitas produk. Hal itu dilakukan agar turut bisa bersaing di pasar global.

"Tadi yang harus dijaga adalah keberlanjutan. Kedua kualitas, juga standarnya, dan macam-macam lainnya," katanya.

Berita Terkini Lainnya