TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Acep Adang Ruhiat Resmi Diusung PKB sebagai Cawagub di Pilgub Jabar 

PKB tidak usung calon gubernur di Pilgub Jabar

(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi mengusung Acep Adang Ruhiat sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Cawagub) di Pilgub Jabar 2024. Pengusungan ini sendiri dipastikan sudah berdasarkan keputusan pusat.

Ketua Desk Pilkada PKB, Syaiful Huda mengatakan, partainya secara resmi sudah menunjuk dan menyerahkan surat rekomendasi kepada Acep Adang Ruhiat sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur, bukan sebagai calon gubernur.

"Nama yang sudah direkomendasikan oleh DPP untuk maju sebagai Calon Wakil Gubernur adalah KH Acep Adang Ruhiat, Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jabar," kata Huda di kantor DPW PKB Jabar, Kota Bandung, Senin (29/7/2024).

1. Acep sudah pernah menjadi anggota DPR dan DPRD

Acep Adang Ruhiat juga merupakan Ketua yayasan Ponpes Cipasung kabupaten Tasikmalaya. Huda menuturkan, Cawagub pilihan PKB ini juga sudah berkiprah di legislatif, mulai dari DPRD hingga DPR RI.

"Sekaligus beliau sekarang menjabat sebagai Anggota DPR RI di Komisi X, sebelumnya Anggota DPRD Jabar 2 periode. Dari pengalaman, background beliau, insyaallah mencukupi untuk maju di Pilgub Jabar," katanya.

2. Mengusung cawagub berdasarkan hasil koordinasi dengan berbagai partai

Ada berbeda alasan hingga akhirnya PKB lebih memilih mengusung calon wakil gubernur dibanding gubernur. Menurutnya, keputusan itu didapat dari hasil diskusi DPP PKB dengan berbagai pihak seperti para ulama dan partai politik di Jabar.

"Kami akan mengambil posisi mengusung sebagai wakil gubernur. Hasil diskusi kami dengan parpol dan pendapat dari pondok pesantren, ajengan dan tokoh di Jabar untuk supaya mendorong posisi wakil gubernur," jelasnya.

Berita Terkini Lainnya