Tarif Masuk Tol Japek II saat Arus Mudik-Balik

Tol Japek II Selatan dipastikan siap beroperasi fungsional

Karawang, IDN Times - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan bisa menjadi jalur alternatif saat arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri 1444/2023. Jalur ini dinilai efektif, khususnya bagi pengendara yang menuju Jakarta melalui Jalan Tol Padalarang-Cileunyi dan Cikampek-Purwakarta-Padalarang pada arus balik.

Jasa Marga berencana membuka Jalan Tol Japek II Selatan secara fungsional sesuai diskresi kepolisian. Karena itu, mereka menyatakan belum menarik tarif kepada pengendara yang memasuki tol tersebut.

“Namun, pengguna jalan tetap akan membayar tarif jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padalarang-Cileunyi,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), Charles Lendra dalam keterangan persnya, Rabu (12/4/2023).

1. Tarif yang dibayarkan pengendara dari Tol Purbaleunyi

Tarif Masuk Tol Japek II saat Arus Mudik-BalikPengguna jalan tol menggunakan e-toll untuk pembayaran (Dok. Jasa Marga)

Charles menjelaskan nilai tarif yang harus dibayarkan pengendara sama seperti tarif keluar melalui Gerbang Tol Sadang jalan Tol Cipularang. Adapun, transaksi dengan tapping e-toll akan dilakukan di GT Kutanegara yang berada di rute pertama atau di gerbang tol temporer untuk di rute kedua.

Karena itu, Charles mengatakan perusahaannya telah menyiapkan fasilitas penunjang transaksi. “Baik di GT Kutanegara maupun di gerbang tol temporer, kami siapkan empat gardu tol yang juga didukung dengan tambahan dua mobile reader di masing-masing gerbang tol,” katanya.

2. Jasa Marga siapkan dua opsi rute Tol Japek II Selatan

Tarif Masuk Tol Japek II saat Arus Mudik-BalikDok Jasa Marga

Sebelumnya, Jasa Marga menyediakan dua opsi rute bagi pengendara yang akan menggunakan Jalan Tol Japek II Selatan saat dioperasikan secara fungsional. Khususnya, pada saat arus balik lebaran nanti.

Kedua opsi itu adalah rute Simpang Susun (SS) Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer dan SS Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer. “Untuk akses masuk jalan tol ini juga masih sama, baik rute pertama maupun rute kedua, yaitu melalui Km 77+100 Jalan Tol Cipularang atau SS Sadang arah Jakarta,” ujar Charles.

3. Emergency Parking Bay di rute kedua Tol Japek II

Tarif Masuk Tol Japek II saat Arus Mudik-BalikIlustrasi lahan parkir. telegraph.co.uk

Selain itu, PT JJS berupaya memastikan perjalanan yang aman dan nyaman di ruas Tol Japek II Selatan. Di antaranya, dengan menyiagakan layanan lalu lintas seperti Mobile Customer Service (MCS)/Patroli, derek, ambulans, Patroli Jalan Raya (PJR), kamtib, water tank, hingga patroli roda dua.

“Khusus di rute kedua, PT JJS juga menyediakan emergency parking bay di Sta 47 Jalan Tol Japek II Selatan dengan fasilitas parkir, toilet portable, mushola dan bbm kemasan yang dapat digunakan oleh pengguna jalan,” ujar Charles.

4. Tol Japek II dioperasikan atas dasar indikator berikut

Tarif Masuk Tol Japek II saat Arus Mudik-BalikIlustrasi arus mudik Natal dan Tahun Baru (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Operasional Jalan Tol Japek II Selatan secara fungsional diharapkan dapat mendistribusikan volume lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di Susun (SS) Dawuan KM 66.

Pasalnya, lokasi tersebut merupakan titik pertemuan lalu lintas dari dua arah, yakni dari arah Bandung yang melewati jalan Tol Cipularang, serta arus lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Rekomendasi pengalihan arus lalu lintas ke jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan yang kami sampaikan kepada pihak Kepolisian adalah berdasarkan sejumlah indikator,” kata Charles.

Indikator yang dimaksud di antaranya kepadatan di SS Dawuan Km 66 dan kepadatan antrean di GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang. Serta, tidak adanya kepadatan lalu lintas pada jalan nasional setelah akses keluar dari jalur fungsional.

Baca Juga: 2 Opsi Rute Jika Lewat Tol Japek II Selatan saat Arus Mudik dan Balik

Baca Juga: Lajur Tambahan di Tol Japek Mulai Dibuka Jelang Arus Mudik

Baca Juga: Dampak Bottleneck di Tol Japek-Cipali, Polri Siapkan Oneway saat Mudik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya