2 Opsi Rute Jika Lewat Tol Japek II Selatan saat Arus Mudik dan Balik

Bus dan truk belum bisa masuk ke Jalan Tol Japek II Selatan

Purwakarta, IDN Times - Jasa Marga menyiapkan dua opsi rute pengoperasian Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan pada arus mudik dan balik lebaran Idulfitri 1444/2023. Pengendara yang akan melalui jalur tersebut perlu mengetahui kondisi jalan yang belum selesai pembangunannya.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) menjelaskan teknis operasional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

Secara fungsional, jalur yang siap digunakan adalah Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer.

“Khususnya, untuk mendukung kelancaran arus balik dari arah Bandung menuju Jakarta, yang pengoperasiannya dilakukan secara situasional berdasarkan diskresi kepolisian,” kata Direktur Utama PT JJS Charles Lendra dalam keterangan persnya, Rabu (12/4/2023).

1. Jalan Tol Japek II hanya berlaku untuk golongan I

2 Opsi Rute Jika Lewat Tol Japek II Selatan saat Arus Mudik dan BalikDok Jasa Marga

Charles menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dibuka hanya bisa dilewati kendaraan kecil, atau golongan I non bus dan non truk. Selain itu, kendaraan yang masuk juga diminta mengikuti aturan kecepatan maksimum kendaraan sebesar 40 kilometer per jam.

Untuk momentum arus mudik dan balik kali ini, Jasa Marga menyiapkan dua opsi rute yang bisa dipilih para pengguna jalan. Yaitu, rute Simpang Susun (SS) Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer dan SS Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer.

2. Rute pertama sudah pernah dioperasikan sebelumnya

2 Opsi Rute Jika Lewat Tol Japek II Selatan saat Arus Mudik dan BalikDok Jasa Marga

Rute yang pertama itu diakui masih sama seperti jalur yang telah dioperasikan secara fungsional pada Lebaran dan Libur Natal-Tahun Baru 2022-2023.

“Pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 10 menit dan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Kutanegara,” kata Charles.

Selanjutnya, perjalanan bisa diteruskan dengan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Jalan Industri sepanjang 27 kilometer. Namun, setelah masuk melalui Gerbang Tol Karawang Barat 2, pengendara tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ.

3. Jasa marga siapkan sarana tambahan di rute kedua

2 Opsi Rute Jika Lewat Tol Japek II Selatan saat Arus Mudik dan BalikIlustrasi arus mudik Natal dan Tahun Baru (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sedangkan, untuk rute kedua PT JJS juga memastikan kesiapan jalur SS Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer. Pengendara dapat menempuh jalur fungsional tersebut selama 40 menit dan keluar di akses Taman Mekar.

Mereka lalu bisa melanjutkan perjalanan melalui Jalan Pangkalan sejauh 16 kilometer untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta. Sama seperti rute pertama, mereka juga akan melalui GT Karawang Barat 2 dan tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ.

“Di rute yang kedua ini, Jasa Marga menyiapkan tambahan sarana keselamatan jalan yaitu berupa perambuan, guardrail dan Moveable Concrete Barrier (MCB), delineator pengarah jalan sepanjang jalan tol fungsional,” tutur Charles.

4. Kondisi rute kedua belum selengkap rute pertama

2 Opsi Rute Jika Lewat Tol Japek II Selatan saat Arus Mudik dan BalikJalan Tol Jakarta - Cikampek Selatan (Japek) II Selatan Paket 3 Sukabungah - Sadang. ANTARA/HO - Waskita Karya/pri.

Kondisi rute kedua diakui berbeda dibandingkan rute yang pertama. Kondisi jalan di rute pertama dinilai lebih lengkap karena sudah beberapa kali disiapkan secara fungsional pada momentum arus mudik dan liburan.

Karena itu, Charles meminta para pengguna jalan lebih berhati-hati saat melalui kedua rute tersebut.

“Untuk akses masuk jalan tol ini juga masih sama, baik rute pertama maupun rute kedua, yaitu melalui Km 77+100 Jalan Tol Cipularang atau SS Sadang arah Jakarta,” ujarnya.

Baca Juga: Lajur Tambahan di Tol Japek Mulai Dibuka Jelang Arus Mudik

Baca Juga: Dampak Bottleneck di Tol Japek-Cipali, Polri Siapkan Oneway saat Mudik

Baca Juga: Mudik 2023, Jasa Marga Usulkan Tol Japek Tanpa One Way

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya