Resmikan Bendungan Sadawarna Hari Ini, Jokowi Sempat Kunjungi Pasar

Warga Kabupaten Subang menyambut antusias kedatangan Jokowi

Subang, IDN Times - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Bendungan Sadawarna yang berada di wilayah Kabupaten Subang dan Sumedang hari ini, Selasa (27/12/2022). Penggenangan di bendungan tersebut sebelumnya telah dilakukan pada November-Desember 2022.

Bendungan itu dipastikan siap beroperasi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Ia bahkan sempat mengunjungi lokasi pada Sabtu (24/12/2022) pekan lalu.

Dalam kunjungannya kali ini, ia berpesan kepada kontraktor dan konsultan supervisi. "Saya ingin kalau sudah selesai (pekerjaan) rapikan, bersihkan bekas-bekas semen material konstruksi," kata Basuki, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR.

1. Jokowi dijadwalkan kunjungi dua pasar tradisional

Resmikan Bendungan Sadawarna Hari Ini, Jokowi Sempat Kunjungi PasarPresiden Jokowi memberikan BLT ke pedagang Pasar Rakyat di Desa Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menurut informasi dari sumber terpercaya, presiden dikabarkan berangkat pukul 7.00 dari Bogor. Rombongan diperkirakan tiba di Kabupaten Subang sekitar pukul 9.00 di Kabupaten Subang dan langsung mengunjungi Pasar Baru atau Pasar Inpres di Kelurahan Sukamelang sebelum akhirnya bertolak ke Bendungan Sadawarna.

Acara peresmian bendungan tersebut kemungkinan berlangsung pada pukul 10.30-11.00 WIB. Menjelang tengah hari, Jokowi kembali berkunjung ke pasar tradisional, tepatnya Pasar Pujasera di Kelurahan Cigadung Kabupaten Subang.

2. Warga Kabupaten Subang antusias menyambut presiden

Resmikan Bendungan Sadawarna Hari Ini, Jokowi Sempat Kunjungi PasarANTARA FOTO/Humas Pemkot Bogor

Selanjutnya, rombongan akan beristirahat sejenak untuk makan siang di Rumah Makan Saung Empang di Jalan Raya Jabong Kecamatan Pagaden pada pukul 12.30. Rangkaian kegiatan itu pun dijadwalkan berakhir pukul 14.30.

Menurut pengamatan, petugas keamanan terlihat sudah berada di lokasi-lokasi yang akan dikunjungi presiden sejak Selasa pagi. Selain itu, warga pun mengaku antusias menanti kedatangan Jokowi.

“Semoga bisa bersalaman atau foto bersama,” kata salah seorang warga yang ditemui di Pasar Inpres. Hingga berita ini dibuat, kondisi cuaca di sekitar wilayah Kabupaten Subang diguyur hujan gerimis sejak subuh.

3. Spesifikasi dan fungsi utama Bendungan Sadawarna

Resmikan Bendungan Sadawarna Hari Ini, Jokowi Sempat Kunjungi PasarIDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Bastari mengatakan Bendungan Sadawarna membendung aliran Sungai Cipunagara. Sungai sepanjang 137 kilometer itu mengalir dari Gunung Bukit Tunggul di Pegunungan Bandung Utara dan bermuara ke Laut Jawa, di wilayah utara Jawa Barat.

Bendungan itu diklaim memiliki kapasitas tampung hingga 70,86 juta meter kubik. Bangunan  didesain untuk mereduksi banjir debit kala ulang Q25 sebesar 54 persen atau 11,7 juta meter kubik yang dilalui DAS Cipunagara dengan tampungan banjir 20,63 juta meter kubik.

"Bendungan Sadawarna memiliki luas genangan 681 hektare. Manfaat utamanya adalah untuk mensuplai irigasi lahan pertanian seluas 4.284 hektare, yang terbagi di Kabupaten Subang sebesar 2.517 ha dan Kabupaten Indramayu sebesar 1.767 hektare, sehingga akan meningkatkan intensitas tanam," kata Bastari.

Baca Juga: Bendungan Sadawarna Mulai Diairi, Banjir di Pantura Subang Direduksi

Baca Juga: Hampir Selesai, Bendungan Sadawarna di Subang Segera Dibuka 

Baca Juga: Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Pesisir Utara Karawang dan Subang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya