Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Pesisir Utara Karawang dan Subang

Satu dusun di Desa Sedari Karawang terisolasi sejak kemarin

Karawang, IDN Times - Lebih dari seribu rumah di pesisir utara Kabupaten Karawang dan Subang terendam banjir rob. Air laut dilaporkan naik ke permukaan sejak Minggu (25/12/2022) dengan ketinggian maksimal mencapai hampir satu meter.

Selain merendam bangunan, banjir juga sempat memutus akses ke kawasan pemukiman penduduk di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Setidaknya, keterangan itu yang sejauh ini didapatkan Kepala Desa Sedari Bisri Mustopa.

Menurutnya, akses ke salah satu kampung atau dusun di desanya terputus lantaran badan jalan terkena abrasi. “Akses menuju dusun ini memang melalui pinggiran pantai," kata Bisri kepada wartawan, Senin (26/12/2022).

1. Ratusan warga dilaporkan terisolasi akibat banjir rob

Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Pesisir Utara Karawang dan SubangIlustrasi rob. ANTARA FOTO/Amirullah

Bisri menyebutkan jumlah warga yang terdampak banjir rob di desanya mencapai 2.513 orang dari 786 keluarga. Mereka disebut menempati rumah yang terdata sebanyak 432 unit di tiga dusun yakni Dusun Tanjungsari, Dusun Tirtasari, dan Dusun Karangsari.

"Selain rumah, ada sekitar 1.000 hektar tambak terendam. Ketinggian banjir 20-70 sentimeter. Dusun Tanjungsari terisolir dengan (jumlah penduduk) 331 orang dari 121 kepala keluarga terdampak dan 68 rumah," kata Bisri menambahkan.

2. Air laut kembali naik ke permukaan pukul 10.00 WIB

Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Pesisir Utara Karawang dan SubangIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Warga terdampak banjir di Desa Sedari dilaporkan membutuhkan bantuan kebutuhan pokok seperti makanan, alat pembersih, dan karung untuk membendung air laut yang pasang di pantai sehingga tidak menyebabkan banjir di perumahan warga.

Menurut Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Desa Sedari Herlan Kusnandar, bajir rob sempat surut pada Minggu sore kemarin. “Senin pagi (air laut) mulai mengalir lagi ke pemukiman sekitar pukul 10.00 sampai sekarang,” katanya, saat dihubungi.

3. Ratusan rumah di Kabupaten Subang terdampak banjir

Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Pesisir Utara Karawang dan SubangIlustrasi banjir rob (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Di Kabupaten Subang, banjir rob dilaporkan merendam 953 rumah warga di dua desa, yakni Desa Mayangan dan Desa Legon Wetan, Kecamatan Legon Kulon. Gelombang air laut juga diduga mengakibatkan tanggul penahannya jebol sehingga memperah dampak banjir rob.

“Di Desa Mayangan rumah yang tergenang berjumlah 594 rumah dan di Desa Legon Wetan rumah yang tergenang berjumlah 359 rumah. Dengan ketinggian air 40-80 sentimeter,” kata petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang melalui media sosial resminya.

Baca Juga: Ribuan Warga Karawang Terdampak Banjir Luapan Citarum dan Cibeet

Baca Juga: Bendungan Sadawarna Mulai Diairi, Banjir di Pantura Subang Direduksi

Baca Juga: Bencana Alam Ancam Karawang di Pengujung Tahun, Pemerintah Waspada

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya