Remaja Karawang Rela Jadi Gelandangan Demi Ikut Citayam Fashion Week

Mereka tidur di masjid dan makan dari meminta-minta

Karawang, IDN Times - Dua remaja laki-laki asal Kabupaten Karawang sempat terjebak selama tiga hari di kawasan Sudirman Jakarta karena mengikuti Citayam Fashion Week. Mereka enggan pulang lantaran berdalih ponselnya hilang dirampas dan takut dimarahi orang tuanya di rumah.

Pengalaman mereka terekam dalam video yang dibagikan di media sosial milik Ilham Setyadi. Laki-laki yang berprofesi sebagai Standup Comedian itu mewawancarai kedua remaja berusia 13 tahun yang mengaku bernama Reza dan Acil.

Seusai mewawancarai mereka, Ilham lantas memberi mereka uang untuk pulang ke daerah asalnya di Karawang. “Yang namanya Reza memang benar pulang tapi yang namanya Acil ini katanya sudah pulang (tapi balik lagi ke Jakarta),” katanya saat dihubungi IDN Times, Rabu (27/7/2022).

1. Ilham bertemu kembali dengan Acil di Jakarta dua hari kemudian

Remaja Karawang Rela Jadi Gelandangan Demi Ikut Citayam Fashion WeekInstagram Ilham Setyadi

Ilham mengaku bertemu kembali dengan Acil selang dua hari setelah memulangkannya. Meskipun mengaku sudah pulang ke tempat asalnya, Ilham menemukan keganjilan dari anak tersebut saat mereka bertemu kembali.

“Menurut saya dia tidak pulang karena masih pakai baju yang sama (seperti saat bertemu dua hari sebelumnya,” kata Ilham. Pertemuan mereka untuk kedua kalinya kembali direkam dalam video yang menunjukkan Acil sedang berkumpul dengan anak-anak lainnya di dekat Stasiun Sudirman pada pukul 3.30 dini hari.

2. Acil dan Reza sengaja datang untuk melihat Citayam Fashion Week

Remaja Karawang Rela Jadi Gelandangan Demi Ikut Citayam Fashion Weekpotret suasana Citayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweeks)

Dalam video sebelumnya, Ilham menemukan dua remaja bernama Reza dan Acil. Mereka masih berada di jalanan meskipun saat itu waktu menunjukkan pukul 2.00 dini hari. Kedua remaja itu mengaku sengaja datang ke Jakarta untuk mengikuti Citayam Fashion Week yang tengah viral belakangan ini.

“Jadi dia selama tiga hari keliling-keliling saja (di sekitar kawasan Sudirman) dan kalau tidur, malamnya di masjid. Untuk makan, mereka itu minta,” kata Ilham dalam video yang pertama. Mereka juga tidak bisa pulang karena terkendala kartu untuk naik kereta.

Kedua remaja itu sebenarnya masih memiliki orang tua dan keluarga di rumahnya. Acil juga mengaku masih sekolah sedangkan Reza putus sekolah karena tidak memiliki biaya dan ibunya kini menjadi pekerja migran di luar negeri.

3. Acil malah mengajak tiga temannya datang ke Citayam Fashion Week

Remaja Karawang Rela Jadi Gelandangan Demi Ikut Citayam Fashion WeekIde OOTD ala Citayam Fashion Week (Instagram.com/aep_008)

Namun, dalam video keduanya, Ilham kembali menemukan Acil yang sedang berkumpul bersama teman-teman sebayanya di pinggir jalan. Setelah sempat pulang ke rumahnya, ia mengaku sengaja datang lagi ke Jakarta bersama tiga remaja lain dari Karawang.

“Pulangnya besok. Ini katanya mereka mau lihat-lihat dulu (Citayam Fashion Week),” kata Acil saat ditanya oleh Ilham. Terlepas dari aksi para remaja asal Karawang yang nekat ke Jakarta, warganet mengapresiasi Ilham yang sengaja berkeliling untuk memulangkan remaja tersebut.

Hingga saat ini, pihak Dinas Sosial Karawang belum memberikan komentar terkait keberadaan para remaja yang pergi ke Citayam Fashion Week. Banyak pihak mempertanyakan motivasi para remaja itu padahal di Karawang sebenarnya sudah ada fasilitas publik yang biasa digunakan untuk rekreasi warga.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sentil Baim Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya