Ridwan Kamil Sentil Baim Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week

Baim Wong sebut ini untuk membesarkan kegiatan CFW

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyentil aktris Baim Wong agar perusahaan miliknya mencabut pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI) untuk kegiatan Citayam Fashion Week (CFW). Permintaan tersebut dilayangkan setelah PT Tiger Wong Entertainment yang mana perusahaan milik Baim Wong, mendaftarkan merek 'Citayam Fashion Week' di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

"Nasehat saya tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersil. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam akun Instagram pribadi miliknya, Senin (25/7/2022).

Menurutnya, sekali kegiatan ini dibuat formal dan mewah, apalagi oleh orang luar, maka hilang sudah tujuan dan maksudnya. Biasanya jika sudah demikian, Emil khawatir gerakan tersebut justru akan mati muda.

1. Biarkan itu jadi acara fashion jalanan

Ridwan Kamil Sentil Baim Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion WeekSuasana kawasan Stasiun BNI City yang dijadikan sebagai tempat berkumpul anak muda di Jakarta (IDN Times/Fauzan)

Emil berharap agar CFW ini tetap menjadi ajang fashion jalanan, bukan kemudian dibawa ke ranah Sarinah, podcast, atau harus secara internasional.

"Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," kata dia.

Ada kalanya, lanjut Emil, para pelaku di CFW hanya butuh ruang ekspresi, sehingga tidak perlu negara ikut campur terlalu jauh. Menurut Ridwan Kamil, tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut mengatur kegiatan tersebut.

"Jika pun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka, bukan Anda," kata dia.

2. Tak perlu inisiatif untuk daftarkan HAKI

Ridwan Kamil Sentil Baim Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Weekinstagram.com/fuaedmarshall

Emil menilai Baim dan sang istri sudah terbilang hebat juga memiliki pekerjaan yang luar biasa. Seperti diketahui, pasangan suami-istri populer ini dikenal sebagai pengusaha ulung dan juga YouTuber terkenal.

"Hal itu silakan dilanjutkan, tapi bukan untuk inisiatif mendafftarkan HAKI Citayam Fashion Week. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya," kata dia.

3. Baim Wong akhirnya buka suara

Ridwan Kamil Sentil Baim Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Weekulang tahun Baim Wong (YouTube.com/Baim Paula)

Sementara itu, Baim Wong buka suara atas kehebohan yang terjadi di publik lantaran perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan merek 'Citayam Fashion Week' di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Pesohor Tanah Air itu mendaftarkan merek 'Citayam Fashion Week' pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181. Namun, dia menegaskan bahwa Citayam Fashion Week bukanlah milik dirinya, melainkan milik semua.

"Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia," kata Baim melalui akun Instagram miliknya @baimwong, Senin (25/7/2022). Dia menyatakan bahwa ia memiliki visi untuk menjadikan ajang Citayam Fashion Week bersifat legal. Dia juga berkeinginan untuk memajukan fashion Indonesia.

"Saya hanyalah orang yang punya visi MENJADIKAN Citayam fashion week sebagai AJANG untuk membuat trend ini menjadi wadah yg legal, dan ga musiman. Dan yg paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," tulis Baim dalam unggahan di Instagram.

Dia menjelaskan mengapa dirinya tergerak, semuanya berawal karena istrinya. Kata Baim, dia mengerti dunia fashion, dan dia melihat Citayam Fashion Week adalah gerakan di mana orang-orang sudah memperdulikan fashion.

"Dan ternyata di Indonesia, fashion itu ga harus mahal, dan mereka bangga memakainya . Kebanggan itu adalah achievement yg penting, dan itu hrs dibudidayakan," tulisnya.

Baca Juga: Baim Wong Daftarkan CFW ke DJKI, Wagub DKI: Itu Kan Milik Publik

Baca Juga: 10 Potret Seru Yesaya dan Pangeran Lantang Ikutan Citayam Fashion Week

Baca Juga: Tampil Modis, Ridwan Kamil Juga Ikut Citayam Fashion Week di SCBD

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya