Pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung Subang Dimulai April 2023

Proyek jalan tersebut dibiayai langsung pemerintah pusat

Subang, IDN Times - Bupati Subang Ruhimat meminta seluruh pihak di daerahnya untuk memprioritaskan pengadaan lahan untuk pembangunan jalan Pamanukan-Tegalurung. Tahap tersebut ditargetkan selesai sebelum pembangunannya dimulai pada April 2023 mendatang.

"Kalau sudah penuh dengan pemukiman, (pengadaan lahan) akan susah dan tidak terealisasi karena harga tanah, dan bangunan akan mahal," kata Bupati Subang, Ruhimat seperti dikutip dari Laman resmi Pemerintah Kabupaten Subang, Selasa (10/1/2023).

Pesan tersebut juga disampaikan Ruhimat dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung pekan lalu. Dalam kesempatan itu, ia berharap seluruh pemangku kebijakan bersinergi.

1. Pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung dibiayai APBN

Pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung Subang Dimulai April 2023IDN Times/Arief Rahmat

Ruhimat menegaskan, pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung menjadi prioritas pemerintah. Sebab, rencana tersebut masuk dalam Peraturan Presiden 87/2021 Tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Aturan tersebut juga menjelaskan mengenai sumber anggaran untuk pembangunan konstruksinya dibiayai oleh pemerintah pusat. “Planning yang panjang itu, Patimban, Cilamaya, hanya saat ini diutamakan Pamanukan-Tegalurung terlebih dahulu,” kata Ruhimat.

2. Pengadaan lahan butuh dukungan hingga pemerintah desa

Pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung Subang Dimulai April 2023Ilustrasi pembangunan jalan di desa (ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan)

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Subang Andi Kadandio Alepuddin berharap dukungan dari pemerintah daerah hingga desa. Ia mengatakan, kegiatan kali ini baru merupakan peluncuran dari pengadaan tanah pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung.

“Diharapkan menjadi kegiatan prioritas untuk stakeholder, agar tata laksana pengadaan ini dapat dijalankan secara serius, dan pelaksanaan berjalan dengan baik dan benar,” kata Andi dalam keterangan persnya.

3. Proyek nasional diharapkan tingkatkan perekonomian daerah

Pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung Subang Dimulai April 2023Ilustrasi aktivitas di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. (ANTARA/HO-BKIP Kemenhub/am)

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Subang, Heri Sopandi berharap keberadaan proyek-proyek nasional dapat ikut memajukan daerahnya. Mulai dari Pelabuhan Patimban, Bendungan Sadawarna, dan sebagainya.

Heri menekankan masyarakat setempat jangan sampai hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri. "Masyarakat Subang jangan hanya mendapatkan yang negatif saja, tapi harus mampu meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi,” katanya.

Baca Juga: Janji Tinggal Janji, Polda Belum Bisa Tangkap Pelaku Pembunuhan di Subang 

Baca Juga: Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Pesisir Utara Karawang dan Subang

Baca Juga: Warga Subang Olah Daun Nanas Jadi Serat Pakaian yang Eksotis

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya