Pedagang Asongan di Karawang Bunuh Sesama Pedagang Depan Umum

Pelaku mengaku sakit hati karena dilarang berjualan di sana

Karawang, IDN Times - Seorang pedagang asongan di Kabupaten Karawang membunuh rekan sesama pedagang akibat persaingan. Tindakan tersebut dilakukan di dekat Kantor Kementerian Agama Kelurahan Nagasari Kecamatan Karawang Barat beberapa waktu lalu.

Motif pembunuhan itu terungkap setelah polisi menangkap pelaku seperti disampaikan Kepala Polisi Resor Karawang, Ajun Komisaris Besar Wirdhanto Hadicaksono. “Tersangka merasa sakit hati dengan korban yang melarang tersangka untuk berjualan di sekitaran TKP,” katanya saat konferensi pers, Minggu (15/1/2023).

Wirdhanto mengungkapkan, pelaku berinisial AR (24) warga Kelurahan Pedamaran VI Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Sedangkan, korbannya adalah YS (36), seorang laki-laki asal Desa Tanjungpura Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

1. Pembunuhan diduga telah direncanakan oleh pelaku

Pedagang Asongan di Karawang Bunuh Sesama Pedagang Depan Umumdok Polres Karawang

Menurut pengakuan pelaku, ia diakui tersinggung setelah ditegur oleh korban. Sejak saat itu, pelaku diduga mulai merencanakan pembunuhan terhadap korban sampai akhirnya benar-benar dilaksanakan pada Rabu (4/1/2023) dua pekan yang lalu.

"Tersangka berhasil kita amankan pada Selasa tanggal 10 Januari 2023 pukul 11.00 WIB,” kata Kapolres yang didampingi Kasat Reskrim AKP Arif Bustomi, Kanit Jatanras Ipda Kadek dan Paur Humas Ipda Herawati, pada konferensi pers tersebut.

2. Pelaku menusuk korban di bagian perut dan punggung

Pedagang Asongan di Karawang Bunuh Sesama Pedagang Depan Umumworld.24-my.info

Pelaku dituding merencanakan pembunuhan tersebut karena sengaja membeli dua bilah pisau untuk membunuh korban setelah perselisihan. Pelaku mengaku membeli pisau tersebut di Pasar Johar kemudian kembali ke lokasi dan menusukkan pisau tersebut ke perut dan punggung korban.

"Setelah berhasil menusukan pisau ke tubuh korban (YS) kemudian tersangka (AR) melarikan diri dengan meninggalkan kerupuk dagangannya berikut dengan satu buah pisau ditinggalkan di dalam kantong plastic kerupuk jualannya tersebut,” tutur Wirdhanto.

3. Pelaku ditangkap saat bersembunyi di Sumatera Selatan

Pedagang Asongan di Karawang Bunuh Sesama Pedagang Depan UmumIlustrasi penangkapan (IDN Times/Mardya Shakti)

Penangkapan pelaku dilakukan setelah polisi melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara. “Unit Resmob Sat Reskrim Polres Karawang bergerak cepat dengan berbekal keterangan saksi-saksi yang diinterogasi dan rekaman CCTV, serta hasil mendeteksi ciri-ciri pelaku,” kata Wirdhanto.

Ia menjelaskan, penangkapan dilakukan di tempat persembunyian pelaku di wilayah Sumatera Selatan. Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa satu kantong kerupuk, satu bilah pisau dan sepasang sandal.

4. Pembunuhan disaksikan banyak orang di sekitar lokasi

Pedagang Asongan di Karawang Bunuh Sesama Pedagang Depan UmumIlustrasi kasus pembunuhan. (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Kejadian penusukan itu menggemparkan masyarakat karena dilakukan di depan banyak orang yang ada di sekitar lokasi. Selain itu, pelaku dan korban juga sempat kejar-kejaran. Bahkan, korban juga sempat mendatangi petugas kepolisian yang tengah berpatroli untuk dilarikan ke rumah sakit meskipun nyawanya tetap tak tertolong.

Setelah ditangkap, pelaku mengakui perbuatannya dan menyesalinya. “Dengan kejadian ini, kini pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena melanggar pasal 338 KUHPidana dengan ancaman 15 tahun penjara,” ujar Kapolres.

Baca Juga: Kekerasan Perempuan dan Anak di Karawang Naik, DP3A Sebut Ada Kemajuan

Baca Juga: Dijanjikan Menikah, Gadis SMP di Karawang Dicabuli Berkali-kali

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Petani Garam di Karawang Alih Fungsi Lahan Jadi Tambak

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya