Minta Dedi Mulyadi Hadiri Sidang Cerai, Anne: Ini Kesempatan Terakhir!

Dedi Mulyadi kembali tak hadir langsung di pengadilan agama

Purwakarta, IDN Times - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi kembali tak menghadiri sidang gugatan cerai yang dilayangkan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Rabu (19/10/2022). Kuasa hukum tergugat menyampaikan alasan kliennya tidak hadir karena ada tugas reses sebagai anggota legislatif.

Ketidakhadiran pihak tergugat itu disesalkan oleh Anne. “Kalau mengacu pada kesibukan, kapasitas saya sebagai bupati juga sama. Hari ini seharusnya saya hadir di undangan sekretariat jenderal di Cirebon yang akan dihadiri Bapak Presiden,” katanya, saat ditemui seusai sidang.

Menurutnya, kehadiran kedua belah pihak tergantung pada komitmen masing-masing untuk menyelesaikan permasalahan rumah tangga mereka di pengadilan. Karena ketidakhadiran pihak tergugat, sidang mediasi tersebut dijadwalkan kembali pada 27 Oktober 2022 pekan depan.

1. Anne berharap Dedi bisa hadir di sidang selanjutnya

Minta Dedi Mulyadi Hadiri Sidang Cerai, Anne: Ini Kesempatan Terakhir!IDN Times/Abdul Halim

Mediasi antara Anne dan Dedi sedianya akan dilakukan pada sidang kedua di Pengadilan Agama Kabupaten Purwakarta hari ini. Anne berharap suaminya bisa menghadiri sidang selanjutnya agar permasalahan rumah tangga mereka bisa segera diselesaikan.

“Saya berharap, mudah-mudahan yang bersangkutan untuk hadir langsung karena memang (sidang selanjutnya) itu kesempatan terakhir untuk dilaksanakannya mediasi,” kata Anne.

Meskipun demikian, ia mengaku tidak kecewa dan menghormati proses persidangan yang diagendakan majelis hakim.

2. Ketidakhadiran Dedi dalam persidangan terkesan disengaja

Minta Dedi Mulyadi Hadiri Sidang Cerai, Anne: Ini Kesempatan Terakhir!Instagram Anneratna82

Anne menilai keputusan Dedi yang tidak hadir kembali pada persidangan tersebut mengesankan kesengajaan. “Jangan sampai terkesan ada kesengajaan untuk menghambat proses ini. Itu tidak boleh dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, kehadiran kedua belah pihak juga dianggap sebagai sikap menghormati kelembagaan Pengadilan Agama Purwakarta. Sehingga, menurutnya, kesibukan pekerjaan masing-masing seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak hadir dalam persidangan kali ini.

3. Dedi diakui belum menerima surat panggilan mediasi

Minta Dedi Mulyadi Hadiri Sidang Cerai, Anne: Ini Kesempatan Terakhir!IDN Times/Abdul Halim

Sementara itu, Ojat Sudrajat selaku Kuasa Hukum pihak tergugat menyebutkan bahwa jadwal reses yang dijalani Dedi sudah dimulai kemarin hingga 26 Oktober 2022 mendatang. Namun, ia menegaskan alasan kliennya tak menghadiri sidang kali ini bukan sekadar kesibukan.

“Beliau (Dedi Mulyadi) juga perlu bukti bahwa untuk hadir hari ini belum ada panggilan resmi dari pengadilan. Kalaupun gugatannya sudah kami terima, tapi panggilan resmi untuk mediasi itu belum ada,” tutur Ojat, menjelaskan.

4. Ketidakhadiran Dedi diklaim bukan untuk menghambat

Minta Dedi Mulyadi Hadiri Sidang Cerai, Anne: Ini Kesempatan Terakhir!dok Dedi Mulyadi

Setelah permasalahan surat panggilan mediasi diluruskan kepada pihak pengadilan agama, Ojat berharap kliennya bisa hadir dalam sidang selanjutnya. Menurutnya, ketidakhadiran kliennya pada dua persidangan terakhir bukan berarti pihak tergugat berupaya mengulur waktu atau menghambat proses persidangan.

“Harus ada solusi sehingga menjadi yang terbaik bagi semua. Tidak hanya baik untuk keluarga saja tapi juga baik untuk masyarakat, warga Purwakarta dan bagi beliau berdua juga terutama anak-anaknya,” tutur Ojat.

Baca Juga: Sidang Cerai Perdana Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi Tak Hadir

Baca Juga: Digugat Cerai, Dedi Mulyadi Pilih Temui Janda Ketimbang Hadiri Sidang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya