Comscore Tracker

Masih PPKM, 170 Pilkades di Purwakarta Tetap Digelar Serentak 

Pengamanan Pilkades serentak melibatkan 1.250 personel

Purwakarta, IDN Times - Sebanyak 170 desa se-Kabupaten Purwakarta akan melaksanakan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa serentak pada Sabtu (16/10/2021). Teknis pemungutan suara menyesuaikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Kita jangan hanya berfokus pada pencegahan hal-hal yang mengarah pada konflik dan sengketa Pilkades semata," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Pilkades serentak 2021, Selasa (12/10/2021).

Rapat yang digelar di Markas Polisi Resor Purwakarta itu dihadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat. Termasuk, perwakilan dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Purwakarta.

Pengawasan aspek protokol kesehatan itu menjadi perhatian khusus. Mengingat, Purwakarta saat ini masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

1. Penyebaran COVID-19 masih beresiko tinggi

Masih PPKM, 170 Pilkades di Purwakarta Tetap Digelar Serentak Ilustrasi pemilihan kepala desa. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Pada kesempatan itu, bupati mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut. "Karena Pilkades adalah bagian dari proses demokrasi, mari kita ciptakan Pilkades yang sehat dan mampu melahirkan pemimpin impian masyarakat," kata Anne.

Selain sukses memilih para Kades, ia menilai bentuk kesuksesan lainnya adalah tak terjadi penyebaran COVID-19 dalam kegiatan tersebut. Anne menyadari, pelaksanaan Pilkades serentak terbesar di Purwakarta itu beresiko tinggi apabila tidak mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

2. Bupati tekankan aparat pemerintahan harus bersikap netral

Masih PPKM, 170 Pilkades di Purwakarta Tetap Digelar Serentak IDN Times/Debbie Sutrisno

Lebih lanjut, Anne juga meminta panitia pelaksana, aparatur sipil negara hingga aparat penegak hukum bersikap netral. Hal itu diperlukan untuk menciptakan keadilan dalam setiap tahapan Pilkades.

"Kami berharap semua pihak yang terlibat agar senantiasa mampu memberikan pemahaman yang benar dan netral agar semua tahapan pilkades nanti dapat berjalan sesuai harapan," tutur Anne menekankan.

3. Rakor membahas strategi pengamanan Pilkades serentak

Masih PPKM, 170 Pilkades di Purwakarta Tetap Digelar Serentak Abdul Halim/IDN Times

Sementara itu, Kepala Polres Purwakarta, Ajun Komisaris Besar Suhardi Hery Haryanto meyakinkan pengamanan Pilkades menjadi atensinya. Pada pelaksanaannya nanti, jajaran kepolisian juga bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesia dan unsur Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Strategi pengamanan Pilkades serentak menjadi pembahasan utama dalam Rakor tersebut. "Saling mendukung dan menjaga kondusifitas di antara seluruh pihak yang terlibat, menjadi kunci keamanan pelaksanaan pilkades," ujar Hery menyimpulkan.

4. Pengamanan Pilkades serentak libatkan Polda Jabar, Polres Karawang dan Subang

Masih PPKM, 170 Pilkades di Purwakarta Tetap Digelar Serentak Ilustrasi anggota kepolisian. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Hery menyebutkan personel pengamanan yang akan dikerahkan mencapai 1.250 personel. Mereka gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Purwakarta.

"Kami sudah siapkan beberapa personel baik dari Polda Jabar yang mem-back up kami dalam pengamanannya Pilkades serentak ini, termasuk satuan dari Polres terdekat seperti Polres Karawang dan Polres Subang," tutur Hery.

Baca Juga: 49 Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bandung Habiskan Rp9,5 Miliar

Baca Juga: Purwakarta Gelar Pilkades Serentak di Tengah Pandemik COVID-19

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya