Libur Sekolah Diundur, Arus Liburan Nataru Kemungkinan Naik Sedikit

Astra Tol Cipali pastikan kesiapan hadapi arus liburan

Subang, IDN Times - Arus lalu lintas kendaraan di Tol Cikopo-Palimanan kemungkinan hanya mengalami sedikit kenaikan pada libur Natal dan tahun baru 2022. Pengelola jalan, Astra Tol Cipali menyampaikan prediksinya dalam gelar pasukan operasi Nataru, Senin (13/12/2021).

Menurut Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo, kenaikan itu dipengaruhi setidaknya oleh dua faktor. Salah satunya, pembatalan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 3 oleh pemerintah pusat.

Namun, pelonggaran aturan di tengah pandemik COVID-19 itu sekaligus terhambat oleh pemindahan masa libur sekolah ke Januari 2022. "Lalu lintas kendaraan dapat kami prediksi akan ada sedikit peningkatan sebesar 9,8 persen, atau sekitar 56 ribu kendaraan dibandingkan dengan lalin (lalu lintas) normal," kata Agung.

1. Puncak lalu lintas di tol diprediksi saat arus balik liburan

Libur Sekolah Diundur, Arus Liburan Nataru Kemungkinan Naik SedikitIlustrasi jalan tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Dalam keterangan persnya, Astra Tol Cipali mengajak masyarakat untuk mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan. Kesadaran pengguna jalan tol itu diikuti peningkatan kualitas jalan oleh pihak pengelola.

Agung menyebut penambahan infrastruktur dilakukan di sekitar Tol Cipali sebagai salah satu persiapan menghadapi puncak libur Nataru 2021. "Jumlah volume kendaraan yang melintas sebesar 56 ribu kendaraan dengan prediksi puncak lalin pada 26 Desember 2021 dan 2 Januari 2022," ujarnya.

2. Siapkan saldo uang elektronik yang cukup sebelum keluar tol

Libur Sekolah Diundur, Arus Liburan Nataru Kemungkinan Naik Sedikithttps://ridertua.com/

Agung memastikan semua pekerjaan fisik di sepanjang jalan Tol Cipali mulai dihentikan pada 20 Desember 2021 hingga pekan kedua Januari 2022. Ia juga menjamin kondisi jalur serta marka jalan dalam kondisi baik, sehingga semua jalur dapat dilalui pengguna jalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

Astra Tol Cipali berencana memaksimalkan 30 bukaan gardu operasi di Gerbang Tol Palimanan. Mereka juga menyiapkan 15 unit mobile reader untuk menambah pelayanan bagi pengendara.

"Bukaan gardu tol di Gerbang Palimanan akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di lapangan," tutur Agung menambahkan. Untuk memperlancar transaksi di pintu keluar tol tersebut, ia mengimbau pengendara menyiapkan saldo uang elektronik yang cukup.

3. Pengunjung rest area dibatasi dan diawasi Satgas COVID-19 daerah

Libur Sekolah Diundur, Arus Liburan Nataru Kemungkinan Naik Sedikitilustrasi rest area Tol Cipali (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sementara itu, ratusan petugas disiagakan untuk menyambut lonjakan volume lalu lintas di beberapa titik tempat istirahat (rest area). "Astra Tol Cipali memberlakukan manajemen arus lalu lintas apabila rest area sudah berada dalam kondisi maksimal," kata Agung.

Pada situasi tersebut, petugas akan mengarahkan para pengguna jalan untuk keluar di gerbang tol terdekat atau beristirahat di rest area selanjutnya. Selain itu, pengelola tempat juga telah bekerja sama dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 daerah setempat untuk mengawasi protokol kesehatan di setiap rest area.

4. Waspada tabrak bagian belakang kendaraan lain

Libur Sekolah Diundur, Arus Liburan Nataru Kemungkinan Naik SedikitPexels/Pixabay

Terakhir, Astra Tol Cipali juga akan melayani para pengguna jalan dengan armada pelayanan keselamatan. Mereka menyiapkan sebanyak 12 unit kendaraan patroli, 15 unit derek, dua unit kendaraan rescue, lima ambulans dan enam unit PJR.

"Untuk memantau lalu lintas dan kecepatan kendaraan pengguna jalan tersedia 166 unit CCTV dan 1.200 unit lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) di sepanjang Ruas Tol Cipali," tutur General Manager Operation Astra Tol Cipali, Suyitno menambahkan.

Dalam wawancaranya, ia meminta pengendara mewaspadai tabrakan kendaraan dengan bagian belakang kendaraan lainnya, terutama pada malam hari. Untuk menghindari kecelakaan tersebut, pengendara diimbau untuk mengikuti aturan kecepatan maksimum dan minimum di jalan tol yakni 60-100 kilometer per jam.

Baca Juga: Daftar Lengkap Tarif Tol Cipali buat Kendaraan Golongan I sampai V 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Jalan Tol dari Cipali-Pelabuhan Patimban Dibangun pada 2022

Baca Juga: Lalu lintas Tol Cipali Meningkat, Pengunjung Rest Area Dibatasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya