Lalu lintas Tol Cipali Meningkat, Pengunjung Rest Area Dibatasi

Pengendara diimbau mempersiapkan kendaraannya

Subang, IDN Times - Arus kendaraan di ruas Tol Cikopo-Palimanan terus mengalami peningkatan pada Jumat (2/4/2021), bertepatan dengan hari libur Paskah 2021. Kepadatan terjadi di beberapa lokasi yang sedang mengalami pekerjaan konstruksi.

Meski demikian, lalu lintas kendaraan relatif masih lancar. Para pengguna jalan tol juga masih bisa memacu kendaraannya dalam kecepatan standar di jalan tol.

1. Kenaikan arus lalu lintas mulai terjadi pada Kamis (1/4/2021)

Lalu lintas Tol Cipali Meningkat, Pengunjung Rest Area DibatasiIlustrasi mobil. IDN Times/Mardya Shakti.

Peningkatan volume kendaraan itu sebenarnya terjadi sejak Kamis (1/4/2021). Berdasarkan data dari Astra Tol Cipali selaku pengelola jalan tol, peningkatannya mencapai 64,67 persen dibandingkan lalu lintas harian.

Jumlah kendaraan yang masuk Tol Cipali pada Kamis lalu mencapai total 75.766 unit. Sedangkan data yang tercatat hingga Jumat siang di sana mencapai 23.438 unit.

2. Lalu lintas didominasi kendaraan pribadi

Lalu lintas Tol Cipali Meningkat, Pengunjung Rest Area Dibatasicintamobil.com

Arus lalu lintas itu didominasi kendaraan yang melaju dari arah Jakarta menuju Cirebon. Terutama, kendaraan pribadi yang mengangkut penumpang.

"Pada libur long weekend Paskah 2021, arus lalu lintas di sepanjang Ruas Tol Cipali masih didominasi oleh kendaraan pribadi golongan satu," kata General Manager Operation Astra Tol Cipali, Suyitno dalam keterangan persnya yang diterima IDN Times, Jumat (2/4/2021).

Jumlah kendaraan golongan satu yang melintas pada Kamis lalu tercatat sebanyak 66.497 unit. Sedangkan, sehari sebelumnya yakni Rabu (31/3/2021), jumlahnya hanya 44.767 unit.

3. Jalan terdampak longsor dibuka kembali

Lalu lintas Tol Cipali Meningkat, Pengunjung Rest Area DibatasiPekerja mengoperasikan alat berat untuk mengerjakan lajur sementara akibat amblesnya jalan di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (10/2/2021) (ANTARA FOTO/Dhedez Anggara)

Dalam rilis yang sama, Astra Tol Cipali juga menyatakan telah membuka kembali jalur menuju Jakarta di kilometer 122. Pembukaan jalan yang sempat amblas beberapa waktu lalu itu untuk mengantisipasi arus balik lalu lintas di akhir libur akhir pekan ini.

"Hal ini merupakan salah satu bentuk kesiapan Astra Tol Cipali dalam menyambut arus balik," ujar Suyitno. Ia memastikan, perbaikan yang telah dilakukan di lokasi tersebut dapat menahan beban lalu lintas secara maksimal.

4. Pengunjung rest area terpaksa dibatasi

Lalu lintas Tol Cipali Meningkat, Pengunjung Rest Area DibatasiANTARANEWS/Ali Khumaini

Selain itu, Suyitno juga mengungkapkan jajarannya telah memasang Median Water Barrier dan Rubber Cone di lokasi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. Tujuannya tak lain untuk mencegah kendaraan parkir di bahu jalan sepanjang TIP yang dapat mengakibatkan kemacetan di jalur.

Pengelola jalan tol juga akan melaksanakan buka-tutup TIP apabila jumlah pengunjung dinilai sudah melebihi kapasitas dan terjadi kemacetan pada akses masuk TIP. Langkah tersebut sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan untuk mengurangi resiko penularan COVID-19.

"Pengguna jalan disarankan untuk istirahat di TIP berikutnya atau keluar di gerbang tol terdekat untuk beristirahat atau mengisi BBM, kemudian selanjutnya masuk kembali ke Jalan Tol Cipali dengan tarif yang sama," tutur Suyitno. (Abdul Halim)

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya