Korban Bencana Angin Kencang di Purwakarta Jalani Pemulihan

PLN UP3 Purwakarta pastikan jaringan listrik sudah normal

Purwakarta, IDN Times - Korban bencana angin kencang di Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, masih menjalani pemulihan fisik maupun mental. Begitu pula dengan pemerintah daerah hingga Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang tengah memulihkan kerusakan fasilitas umum dan pelayanan publik.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat untuk segera membersihkan lokasi. Selain itu, ia meminta penanganan difokuskan kepada pemulihan para korban.

"Kqmu terjunkan seluruh personel membantu para korban bencana angin puting beliung," kata Anne dalam keterangan persnya, Selasa (4/4/2023).

Ia juga telah mendatangi lokasi untuk meninjau langsung kondisi warga yang terdampak bencana alam tersebut, kemarin.

1. Pemerintah daerah perbaiki data dampak bencana

Korban Bencana Angin Kencang di Purwakarta Jalani Pemulihandok Diskominfo Purwakarta

Bencana angin kencang disertai hujan es dilaporkan terjadi pada Minggu (2/4/2023) petang lalu. Wilayah yang terdampak bencana alam tersebut tersebar di sembilan desa di wilayah Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Sembilan desa tersebut adalah Desa Sindangpanon, Desa Bojong Barat, Desa Cibingbin, Desa Pangkalan, Desa Cikeris, Desa Cipeundeuy, Desa Sukamanah dan Desa Bojong Timur.

“Untuk data sementara, ditemukan 155 rumah yang terdampak dengan klasifikasi rusak ringan, sedang, dan berat,” kata Anne menyebutkan perkembangan pendataan.

2. Bantuan bahan kebutuhan pokok bagi para korban

Korban Bencana Angin Kencang di Purwakarta Jalani Pemulihandok PLN UP3 Purwakarta

Menurutnya, kondisi para korban juga mulai membaik seiring dengan bantuan yang disalurkan berbagai pihak. Salah satunya, dari Yayasan Baitul Mal PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat yang ikut terjun ke lapangan memberikan bantuan paket bahan kebutuhan pokok kepada korban.

“Tadi kami juga menyerahkan bantuan yang dibutuhkan oleh warga. Selain sembako, ada kebutuhan sandang warga dan terpal untuk beberapa warga yang membutuhkan, sambil mendata warga yang terdampak bencana," tutur Anne.

3. Pemulihan jaringan listrik dalam waktu empat jam

Korban Bencana Angin Kencang di Purwakarta Jalani PemulihanIlustrasi listrik (ANTARA FOTO/Rahmad)

Sementara itu, PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwakarta juga bergerak cepat memulihkan kelistrikan di lokasi terdampak bencana kali ini. Mereka mengklaim proses pemulihan itu hanya memakan waktu kurang dari empat jam setelah mendapatkan laporan kejadian.

Manajer PLN UP3 Mx Wahyu Catur Prasetyo menyebut petugas PLN berhasil memulihkan 74 gardu, dua penyulang dan pelayanan terhadap 29.375 pelanggan.

“Sebagian besar jaringan yang terdampak telah pulih," katanya.

4. Jaringan listrik yang sempat padam sudah kembali normal

Korban Bencana Angin Kencang di Purwakarta Jalani PemulihanIlustrasi meteran listrik (dok. PLN)

Penanganan PLN pada saat kejadian diakui lebih fokus kepada perbaikan tiang listrik yang roboh.

Petugas juga telah berkoordinasi dengan pihak BPBD dan masyarakat setempat untuk mempercepat perbaikan jaringan yang terdampak dengan tetap memprioritaskan keselamatan warga maupun petugas di lapangan.

"Beberapa rumah warga terdampak ada yang belum bisa dinyalakan demi alasan keamanan," kata Wahyu.

Namun, saat ini PLN memastikan telah menormalkan 100 persen jaringan listrik yang sempat padam, termasuk rumah rumah yang jaringannya terputus akibat tertimpa pohon.

Baca Juga: Angin Kencang dan Hujan Es Rusak Ratusan Rumah di Purwakarta

Baca Juga: Kasus Positif Polio di Purwakarta Bertambah Jadi Tujuh Anak

Baca Juga: Penyegelan Bangunan Jemaah GKPS Purwakarta Tanpa Perlawanan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya