Bercanda saat Menyeberang, Remaja Hanyut di Saluran Irigasi Subang

Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian seorang korban

Subang, IDN Times - Tiga remaja terbawa arus air sungai saat menyeberangi jembatan Irigasi Tarum Timur di Desa Tanjungrasa Kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang, Kamis (2/2/2023) sore. Salah seorang di antaranya dikabarkan hilang sedangkan dua korban lainnya berhasil diselamatkan.

Tim Pencarian dan Penyelamatan (Search And Rescue/SAR) gabungan terkendala arus air yang cukup deras dalam proses pencarian korban. Kantor SAR Bandung menerima informasi kejadian tersebut dari Kepala Unit Siaga SAR Karawang sekitar pukul 16.40 WIB.

“Berdasarkan informasi yang diterima waktu kejadian pada pukul 14.20 WIB saat korban bersama dua temannya sedang melewati jembatan saluran irigasi Tarum Timur,” kata Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung, Jumaril dalam keterangan persnya, Kamis (2/2/2023).

1. Ketiga korban diduga terjatuh saat menyeberang jembatan

Bercanda saat Menyeberang, Remaja Hanyut di Saluran Irigasi SubangIlustrasi Jembatan (IDN Times/Dwi Agustiar)

Menurut laporan, korban diketahui bernama Suhendar (14 tahun) warga Sindangjaya, Desa Tanjungrasa Kaler, Kecamatan Patokbeusi. Ia dan kedua temannya diduga terjatuh ke aliran air irigasi yang tengah diguyur hujan kecil pada saat itu.

“Saat melewati jembatan, korban bersama kedua temannya terjatuh ke Irigasi. Namun, dua orang teman korban berhasil menyelamatkan diri sedangkan korban terseret arus irigasi dan hingga saat ini masih dalam pencarian,” tutur Jumaril.

2. Tim SAR dengan peralatan lengkap masih mencari korban

Bercanda saat Menyeberang, Remaja Hanyut di Saluran Irigasi Subangdok Basarnas Bandung

Jumaril mengaku langsung mengirimkan satu tim rescue dari Unit Siaga SAR Karawang untuk melakukan pencarian korban pada pukul 16.55 WIB. Sebelumnya, mereka juga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Tim tersebut, kata Jumaril, dilengkapi dengan peralatan yang cukup memadai. “Alat yang digunakan antara lain adalah satu unit kendaraan rescue, satu set Pal SAR Air, satu set peralatan alkom, satu set peralatan medis dan APD (Alat Pelindung Diri) personal,” ujarnya.

3. Korban sempat bercanda sebelum terjatuh ke aliran irigasi

Bercanda saat Menyeberang, Remaja Hanyut di Saluran Irigasi SubangIlustrasi Bercanda (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu, Komandan Pleton Pemadam Kebakaran Subang Aep Saepudin mengatakan jajarannya juga telah diterjunkan ke lokasi pada pukul 16.00 WIB. Selain melakukan pencarian, petugas juga melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kejadian kali ini.

"Berawal dari korban yang tengah menyeberang bersama teman-temannya pada saat jam istirahat kedua sekolah, korban bersama kedua temannya bercanda di talang air Sungai Tarum Timur,” kata Aep berdasarkan kesaksian salah seorang korban yang selamat.

4. Salah seorang korban berhasil diselamatkan oleh warga

Bercanda saat Menyeberang, Remaja Hanyut di Saluran Irigasi Subangilustrasi korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari keterangan saksi mata diketahui salah seorang remaja diselamatkan oleh warga yang kebetulan berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Korban selamat bernama Baim itu pun langsung dibawa ke Fasilitas Kesehatan terdekat.

"Teman korban (Baim) berhasil diselamatkan dengan jarak 100 meter dari TKP oleh warga dan dilarikan langsung ke Faskes terdekat. Sedangkan, teman korban yang lain atas nama Adam langsung lemas setelah melihat kejadian tersebut," kata Aep, menambahkan.

Baca Juga: Rawan Kejahatan, Jalur Cipeundeuy-Patokbeusi Subang Minim Penerangan

Baca Juga: Pembangunan Jalan Pamanukan-Tegalurung Subang Dimulai April 2023

Baca Juga: Jalan Tol Akses Patimban Menunjang Kawasan Industri di Subang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya